ANALISIS SISTEM KELISTRIKAN DI UNIVERSITAS LANCANG KUNING PEKANBARU DENGAN MENGGUNAKAN ELECTRIC TRANSIENT AND ANALYSIS PROGRAM (ETAP)

Authors

  • Atmam Atmam urusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning
  • Daniel Meliala urusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning
  • Usaha Situmeang Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning

Keywords:

Aliran Daya, Drop Tegangan, ETAP 7.0

Abstract

Seiring dengan peningkatan aktivitas perkuliahan maupun administrasi di Universitas Lancang Kuning Pekanbaru tak dapat dihindari terjadinya gangguan berupa pemadaman listrik. Melihat kondisi di atas tentunya membutuhkan energi listrik yang berkesinambungan tanpa adanya gangguan berupa pemadaman. Untuk itu diperlukan analisa sistem kelistrikan khususnya sistem kelistrikan di Universitas Lancang Kuning untuk melihat profil tegangan dan daya untuk tiap-tiap gedung. Profil tegangan dan daya di Universitas Lancang Kuning dapat diketahui dengan menggunakan teorema aliran daya dan pada penelitian ini menggunakan software Electric Transient and Analisys Program (ETAP).Hasil yang dicapai pada penelitian ini dengan menggunakan software ETAP 7.0 adalah untuk sistem kondisi eksisting besar arus pada panelutama yang berada diruangan Genset Unilak sebesar 211 A, tegangan 378V line-to-linedandaya 142 kWdan dari hasil simulasi terlihat bahwa untuk kondisi eksisting, jatuh tegangan (voltage-drop) terbesar terjadi pada gedung Fakultas Ilmu Administrasi dan Ekonomi sebesar 5% dengan tegangan pada panel/bus gedung Fakultas Administrasi sebesar 363 Volt line-to-line atau 210 Volt line-to-netral, pada Fakultas Ekonomi tegangan pada panel/bus sebesar 360,7 Volt line-to-line atau 207 Volt line-to-netralkemudian jatuh tegangan terbesar berikutnya terjadi pada Fakultas Hukum sebesar sebesar 7,9% dengan tegangan pada panel/bus hukum rata-rata sebesar 352,2 Volt line-to-line atau 203 Volt line-to-netral.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cekdin,Cekmas, 2007,Sistem Tenaga Listrik, Penerbit Andi Yogyakarta.
Gonen,Turan, 1988, Modern Power System Analysis.
Habsoro,Sigit Wisnu,2013, Analisa Penempatan Kapasitor Bank Untuk Perhitungan Drop Voltage Pada Feeder Batang 02 Tahun 2012-2016 denganSoftware Etap 7.0.0, Jurnal Transient, vol.2, no. 1, ISSN: 2302-9927.
Hutauruk,1985,Transmisi Daya Listrik.Rohi, Daniel,2008,Aplikasi Pendekatan Aliran Daya untuk Estimasi Rugi-Rugi Energi Sistem Distribusi Radial 20 kV,Jurnal EECCIS Vol. II, No. 1.
Stevenson,William D.,Jr,1990,Analisis Sistem Tenaga Listrik.Sunardiyo, Said,2009,Studi Analisis Aliran Beban (Load Flow) Sistem Tenaga Listrik Implementasi Pada Jaringan Kelistrikan di Unnes, Jurnal Teknik-Unisfat, Vol. 4 No. 2.

Downloads

Published

2015-12-30

How to Cite

Atmam, A., Meliala, D., & Situmeang, U. (2015). ANALISIS SISTEM KELISTRIKAN DI UNIVERSITAS LANCANG KUNING PEKANBARU DENGAN MENGGUNAKAN ELECTRIC TRANSIENT AND ANALYSIS PROGRAM (ETAP). Jurnal Teknologi, 8(2), 178–187. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1128