PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK PENGENALAN AKSARA JAWA PADA ANAK

Authors

  • Setia Wardani Program Studi Teknik Informatika Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

Augmented Reality, Microsoft Solution Framework, Aksara Jawa, Multimedia, Waterfall dan Object Oriented Development

Abstract

Dunia pendidikan merupakan pondasi untuk mencerdaskan generasi penerus dituntut mengikuti perkembangan Teknologi Informasi (TI), namun pada kenyataannya masih banyak guru yang belum mengubah dan berinovasi dengan memanfaatkan TI kedalam metode pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan, banyak anak menganggap aksara Jawa sulit dipelajari lafal maupun bentuknya, hal ini dikarenakan guru mengalami kesulitan untuk menjelaskan tentang pengenalan aksara Jawa khususnya tiga dimensi dikarenakan materi aksara Jawa membutuhkan kemampuan visualisasi yang relatif tinggi. Teknologi Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam lingkungan nyata. Tujuan penelitian ini adalah membuat katalog pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi AR untuk Aksara Jawa.

 Metode penelitian yang digunakan adalah Microsoft Solution Framework (MSF) dengan metode pengembangan sistem waterfall dan metode Object Oriented  Develompment (OOD) untuk metode pendekatannya. Tahapan pada penelitian ini antara lain identifikasi masalah, perencanaan awal, desain dan perancangan, uji coba dan implementasi.

Kesimpulan penelitian ini adalah AR dapat menampilkan suatu objek Aksara Jawa ke dalam bentuk tiga dimensi sederhana yang dapat dilihat secara menyeluruh dan dapat dapat digunakan secara efektif dalam pembelajaran dan pembuatan marker yang dibentuk dalam katalog lebih menarik daripada hanya marker hitam putih.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Craig, A.B. 2013. Understanding Augmented Reality, Concepts and Applications. Elsevier Inc. USA.
Furht, Borko. 2011. Handbook of Augmented Reality. Springer. New York.
Milgram P, A Taxonomi Of Mixed Reality Visual Display, IEICE Transaction on Information Volume E77-D, No.12 Desember 1994.
R. T. Azuma. 2013. A survey of augmented reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments, vol. 6, no. 4, pp. 355-385
Turban, dkk. 2002. Aplikasi Multimedia Interaktif. Paradigma: Yogyakarta.

Downloads

Published

2015-12-30

How to Cite

Wardani, S. (2015). PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK PENGENALAN AKSARA JAWA PADA ANAK. Jurnal Teknologi, 8(2), 104–111. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1119