ANALISIS KINERJA SISTEM KELISTRIKAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS LANCANG KUNING PEKANBARU

Authors

  • Abrar Tanjung Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning
  • Arlenny Arlenny Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning

Keywords:

Arus beban, Energi listrik, Sistem pentanahan, Rugi daya

Abstract

Penyediaan tenaga listrik yang stabil dan kontinyu merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi dalam memenuhi kebutuhan tenaga listrik. Energi listrik bersifat berbahaya bagi manusia yang menggunakan serta lingkungannya, sehingga utilitas kelistrikan dari suatu bangunan gedung harus bersifat aman. Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning merupakan suatu lembaga pendidikan yang memiliki beberapa jurusan  yang mempunyai kegiatan admistrasi dan belajar mengajar menggunakan peralatan listrik. Pemakaian beban listrik juga banyak dipakai dalam pemasangan lampu penerangan dan peralatan-peralatan listrik lainnya.

Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa dan menghitung besar arus pada masing – masing phasa pada sistem kelistrikan, menghitung ketidakseimbangan beban dan mengevaluasi pemakaian kabel penghantar yang terdapat pada sistem kelistrikan Fakultas Hukum Unilak. Berdasarkan hasil perhitungan pada hasil pembahasan diperoleh bahwa pemakaian arus beban pada gedung I besar arus beban 8,22 amper, gedung II 10,24 amper dan gedung III 1,57 amper. Sedangkan rugi daya pada gedung I sebesar 35,61 watt, gedung II 55,26 watt dan gedung III 1,31 watt. Untuk sistem pentahanan besar nilai tahanan pentanahan pada gedung I 59, 5 ohm, gedung II 178 ohm dan gedung III 119 ohm.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hutauruk. 1999, Pengetanahan Netral Sistem Tenaga Dan Pengetanahan Peralatan, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Marsudi, Djiteng, 2006, “ Operasi Sistem Tenaga Listrik “, Yogjakarta : Graha Ilmu.
Stevenson, William Jr. D, 1983., “ Analisa Sistem Tenaga Listrik “, Edisi Ke – 4, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Sudirman, 2005, “Audit Energi Sistem Kelistrikan Di Pabrik Gula “, Jurnal Ilmiah Teknologi, Vol 1, No 1.
Suyono, 2011, “ Tingkat Keandalan Utilitas Kelistrikan Bangunan Gedung Bertingkat Di Kota Semarang “, ISSN 1979-7451, Media Elektrika, Vol. 4 No. 1, Semarang.
Zuhal, 1991, “ Dasar Tenaga Listrik “, Penerbit ITB Bandung

Downloads

Published

2015-06-30

How to Cite

Tanjung, A., & Arlenny, A. (2015). ANALISIS KINERJA SISTEM KELISTRIKAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS LANCANG KUNING PEKANBARU. Jurnal Teknologi, 8(1), 75–82. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1115