ANALISA KERUSAKAN DAN MODEL PERAWATAN INJEKTOR PADA SISTEM INJEKSI BAHAN BAKAR ELEKTRONIK
Keywords:
Injektor Tester, Perawatan, Electronik Fuel Injektion (EFI)Abstract
Salah satu perawatan sistem injeksi bensin adalah pengujian dan pembersihan injector. Faktor-faktor yang menjadi penyebab kerusakan injector pada mobil Elektronik Fuel injection (EFI) adalah tersumbat 7.0 %, abrasi (terkikis) 4.2%, bocor 3.5%, selenoid mati 2.1%, tersumbat sebagian 17.6 %, tahanan/resistensi solenoid turun/rendah 8.4%, kotor 31.7%, pola semprotan tidak baik 25.4% dan peyimpangan pola semprotan. Alat penguji dan pembersih injektor saat ini sangat mahal di pasaran. Oleh karena itu harus melakukan inovasi untuk pembuatan alat uji injector cleaner. Karakteristik alat tersebut mampu mengukur akurasi jumlah volume semprotan. Uji fungsional alat telah menunjukkan bahwa bagian dari injector tester telah bekerja dengan baik dan hasil tes menunjukkan tidak ada kesulitan dalam pengoperasian pengujian peralatan. Hasil pengujian tegangan output ke injector 9 volt dan arusnya 5 ampere. Tekanan pompa bahan bakar 4 – 4,5 bar, dalam 10 detik volume injeksi sebesar 36-46 cc rata-rata 41.25 cc.
Downloads
References
Muh Solikin (2009), “Sistem Bahan Bakar EFI,” Yogyakarta, Alfabeta
Robert Bosch (1993), “Automotive Handbook” SAE Society of Atumotive Engineers 400 Commonwealth Drive. USA
Toyota Astra Motor (2012), “Pedoman Reperasi Mesin 5A-FE Soluna,” Jakarta, Toyota Astra Motor.
Toyota Astra Motor (2003), “Pedoman Reperasi Mesin model serie F6 01 RM Avanza,” Jakarta, Toyota Astra Motor.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Teknologi provides immediate open access to its content in order of making research freely available to the public to support a global exchange of knowledge. All articles published in this journal are free for everyone to read and download, under licence CC BY SA.
Benefits of open access for the author, include:
- Free access for all users worldwide.
- Authors retain copyright to their work.
- Increased visibility and readership.
- No spatial constraints.