KAJIAN KONDISI PROSES DELIGNIFIKASI TEPUNG SOHUN DENGAN METODE TAGUCHI

Authors

  • Cyrilla Indri Parwati Jurusan Teknik Industri, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Purnawan Purnawan Jurusan Teknik Lingkungan, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Delignifikasi, Taguchi, Setting Level, NaOH

Abstract

Produksi tepung Sohun di desa Daleman  Kecamatan Tulung, Kabupaten  Klaten rata-rata 200 ton/tahun, dan menghasilkan limbah berupa serat sebanyak 2,19 ton/hari. Limbah tersebut  dibuang ke lingkungan atau sungai sehingga berdampak negatif terhadap lingkungan dan sangat mengganggu fungsi sungai sebagai saluran air hujan dan pengairan (Purnawan, 2014). Dalam mensikapi permasalahan tersebut dilakukan penelitian sebagai upaya pemanfaatan limbah  menjadi produk yang dapat dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomis yang menguntungkan. Penelitian dilakukan  dalam skala laboratorium dengan menambahkan pereaksi berupa larutan asam nitrat dalam labu yang berisi serat dengan volume  dan konsentrasi yang telah ditentukan.  Dengan menentukan kondisi proses delignifikasi tepung sohun menggunakan metode Taguchi. Hasil penelitian yang diperoleh terhadap penentuan kondisi proses delignifikasi tepung sohun yaitu : Faktor kendali terdiri dari empat faktor yaitu NaOH proses soda, NaOH proses Nitrat, waktu proses dan kecepatan. Masing masing faktor kendali mempunyai level yang berbeda. Sedangkan faktor tak terkendali meliputi jenis larutan yang digunakan  yang dikategorikan air dan aquades. Air merupakan H2O yang tidak murni atau mengandung mineral sedangkan aquades merupakan H2O murni atau hasil destilasi.  Setting Level terbaik dalam penelitian setelah dilakukan percobaan adalah level 1 untuk NaOH proses soda sedangkan untuk NaOH proses nitrat ada di level 3.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amerine, M. A., Pangbom, R.M., Roessler, E.B., 1965, Principles of Sensory Evaluation Of Food, New York and London: Academic Press.
Balevandrum N , 1995 , Quality by Design : Taguchi Technics for Industrial Expermentation, First Edition, Prentise Hall, London.
Kencana P.D., , 2007 , Aplikasi Metode Taguchi Dalam Penentuan Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Karakteristik Kualitas nata De Coco Lembaran, Institut Sains dan Teknologi Akprind, Yogyakarta, Tidak dipublikasikan.
Purnawan, 2014, Pemanfaatkan Limbah Serat Industri Tepung Sohun Sebagai Bahan Baku Pulp dengan Proses Delignifikasi, Proseding Seminar Nasional Teknologi Industri Hijau I, BBTPPT, Kementrian Perindustrian Republik Indonesia.
Ross J Philips, 1995, Taguchi Techniques for Quality Engineering, Mc Graw Hill, New York.
Saputro A., 2006, Analisis Pengendalian Kualitas Melalui Pengevaluasian dan Perbaikan Proses Produksi Dengan Pendekatan Metode Statistical Process Control dan Metode Taguchi, Institut Sains dan Teknologi Akprind, Yogyakarta, Tidak dipublikasikan.

Downloads

Published

2014-12-30

How to Cite

Indri Parwati, C., & Purnawan, P. (2014). KAJIAN KONDISI PROSES DELIGNIFIKASI TEPUNG SOHUN DENGAN METODE TAGUCHI. Jurnal Teknologi, 7(2), 169–174. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1032