EVALUASI SKENARIO KOORDINASI SUPPLY CHAIN UNTUK MODEL PRICING DAN KEPUTUSAN ORDER/DELIVERY

Authors

  • Evi Yuliawati Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Luky Agus Hermanto Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Keywords:

pricing, keputusan order/delivery, ritel modern, dan skenario koordinasi supply chain

Abstract

Model pricing dan keputusan order/delivery merupakan model yang menggabungkan aktivitas penentuan harga (pricing) dan penentuan jumlah unit produk yang harus di order dan delivery.  Model gabungan ini akan memaksimalkan keuntungan yang diperoleh oleh supply chain, yaitu melalui peningkatan pendapatan dan meminimalkan biaya yang terlibat seperti biaya pembelian, biaya pemesanan dan biaya handling.  Pada penelitian ini akan dikembangkan model matematik pada 2 (dua) skenario yang berbeda, yang menggambarkan karakteristik sistem pada sebuah ritel modern di Surabaya.  Pada skenario pertama adalah implementasi model pricing dan keputusan order/delivery pada supply chain ritel modern tanpa koordinasi, dimana pelaku bisnis yang terlibat yaitu DC-Ritel dan Distributor, akan menetapkan keuntungannya masing-masing tanpa mempedulikan keuntungan supply chain secara keseluruhan.  Sedangkan pada skenario yang kedua akan dihitung keuntungan model pada skema koordinasi supply chain, yaitu koordinasi antara DC-Ritel-Distributor.  Evaluasi model pricing dan keputusan order/delivery dilakukan pada dua skenario tersebut.  Nilai-nilai yang digunakan sebagai parameter model diukur dari dua skenario untuk melihat besarnya pendapatan dan biaya-biaya yang dibutuhkan.  Dengan menggunakan parameter sebagai ukuran kuantitatif model, skenario koordinasi supply chain dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan skenario tanpa koordinasi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chopra, S., and Meindl, P., 2004, Supply Chain Management:Strategy, Planning and Operation, 2nd edition, New Jersey, Prentice Hall.
Hendri Ma’aruf, 2005, Pemasaran Ritel, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Hsieh, C.C., and Wu, C.H., 2008, Capacity Allocation, Ordering and Pricing Decisions in A Supply Chain with Demand and Supply Uncertainties, European Journal of Operational Research, vol.184, pp.667-684.
Parwati, Indri dan Andrianto, Prima, 2009, “Metode Supply Chain Management untuk Menganalisis Bullwhip Effect Guna Meningkatkan Efektivitas Sistem Distribusi Produk”, Jurnal Teknologi, vol.2 no.1, Juni 2009, pp. 47-52
Levi, David Simchi,Philip Kaminsky, and Edith Simchi Levi, 2000, Designing and managing the Supply Chain:
Pujawan, N., 2005, Supply Chain Management, edisi kedua, Guna Widya, Jakarta.
Whitin, T.M., 1955, Inventory Control and Price Theory, Management Science, 2(1), pg.61.
Zhao, Wen and Wang, Yunzeng, 2002, Coordination of Joint Pricing-Production Decisions in a Supply Chain, IEE Transactions, 34, pp.701-715.

Downloads

Published

2014-12-30

How to Cite

Yuliawati, E., & Hermanto, L. A. (2014). EVALUASI SKENARIO KOORDINASI SUPPLY CHAIN UNTUK MODEL PRICING DAN KEPUTUSAN ORDER/DELIVERY. Jurnal Teknologi, 7(2), 146–153. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1029