PENINGKATAN KUALITAS DAYA LISTRIK DALAM PEMAKAIAN LUMINER MENGGUNAKAN LAMPU HEMAT ENERGI (LHE)

Authors

  • Wiwik Handajadi Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Harmonik, Filter hybrid, Ballast elektronik, EPQ

Abstract

Penggunaan LHE (Lampu Hemat Energi ) yang menggunakan ballast elektronik akan menimbulkan harmonik, baik harmonik arus maupun tegangan dan adanya harmonik akan berakibat kualitas daya listrik menjadi buruk. Disisi lain LHE yang menggunakan ballast elektronik mempunyai sifat- sifat yang baik dalam mengkonversikanenergi listrik menjadi cahaya, karena mempunyai efisiensi diatas 80%. Riset ini melakukan kegiatan yang bertujuan menganalisis kualitas daya listrik    (EPQ = Electric Power Quality) pada jaringan distribusi akibat beban LHE dengan ballast elektronik. Selanjutnya dilakukan pengukuran dengan skala laboratorium dan dilanjutkan analisis dengan menggunakan program, untuk itu dianalisis permasalahan yang meliputi: penggunaan ballast elektronik akan menimbulkan harmonik arus maupun tegangan, harmonik yang berpengaruh harmonik ganjil dan harmonik ke-3 paling dominan , harmonik akan berpengaruh pada kualitas daya listrik.Dengan demikian akan ditindak lanjuti upaya untuk memperkecil adanya harmonik khususnya harmonik arus dan selanjutnya dianalisis pengaruh harmonik untuk kapasitas kelompok beban dengan LHE berkapasitas besar pada jaringan distribusi.

Dalam penelitian ini dilakukan simulasi dengan program PSIM versi 9.0 dan  menggunakan acuan, untuk meminimalkan adanya harmonik arus pada LHE dengan ballast elektronik agar dapat meningkatkan kualitas daya listrik. 

Dari hasil penelitian ini dapat diperoleh pengurangan besarnya harmonik arus sebesar 10 %  akibat penyearahan AC- DC, akibat penggunaan ballast elektronik. Selain itu juga diperoleh peningkatan EPQ sebesar 1,24 % sesuai standar IEC 61000-3-2. Class C .

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eka Firmansah,VSatoshi TOMIOKA, 2010, Totem-Pole-Factor – Correction Converter under Critical-Conduction- Mode Interval Operation, IEICE transactions on Comunication,
Hu Yong-jun, Fan Li-li, 2010, A Reactive and Harmonic Current Detection Method of Effisien System Lighting System Design.IEEE .
Mujiman, 2007,Unjuk Kerja Lampu Fluorescen Ballast Elektronik disbanding Lampu Fluorescen Ballast Induktor, UGM.
Subuh Isnur Haryudo, 2007, Peredaman Harmonik Sistem Tenaga Menggunakan Filter Aktif Hybrid, Electrical Engineering, Faculty of Technology, Hang Tuah University, ,Indonesia
Shui Qiang Liu, Shao Jie Wang, 2011, Improved method for detecting currents with harmonics and reactive power in the injection active power filter, Jurnal IEEE .
Shipun Anuar Hamzah, Mazlina Esa, Niuk Noordini Nik Abd Malik, and Mohd Khairil Hisham Ismail, 2010, Reduced Size Harmonic Supressed Fractal Dipole Antena with Integrated Reconfigurable Feature, Jurnal IEEE.
Sumani, Sambodho, 2002, Pengenalan Mutu Listrik, Prosiding Seminar Elektric Power Quality, STT-PLN, Jakarta.
Wiwik Handajadi, Reduction of Current
Harmonic Caused by AC-DC Rectification with Hybrid Filter for Energy Saving Lamp Electronic Ballast, Jurnal Teknologi.ISSN 1979 3405, Volume 6, Nomor 2, 2013
.............,Standard IEC 61000-3-2

Downloads

Published

2014-12-30

How to Cite

Handajadi, W. (2014). PENINGKATAN KUALITAS DAYA LISTRIK DALAM PEMAKAIAN LUMINER MENGGUNAKAN LAMPU HEMAT ENERGI (LHE). Jurnal Teknologi, 7(2), 134–140. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1026