PROTOTIPE SISTEM PENGATUR ISYARAT LALU-LINTAS TERKOORDINASI UNTUK SIMPANG EMPAT GONDOMANAN DAN BINTARAN
Keywords:
sistem pengatur isyarat lalu-lintas terkoordinasi, APILL master, APILL slaveAbstract
Salah satu kelemahan alat pengatur isyarat lalu-lintas (APILL) di persimpangan Gondomanan dan Bintaran adalah tidak adanya koordinasi di antara keduanya. Hal ini telah mengakibatkan terjadinya antrian panjang kendaraan dan kemacetan lalu-lintas. Salah satu solusinya adalah digunakannya sistem pengatur isyarat lalu-lintas terkoordinasi. Tujuan metode ini adalah agar sebagian besar kendaraan di jalur utama dapat melewati kedua persimpangan tersebut tanpa mendapat isyarat merah.
Prototipe sistem pengatur isyarat lalu-lintas terkoordinasi ini terdiri dari dua APILL, yaitu APILL master dan slave. APILL master mengatur lalu-lintas sesuai jadwal, sedangkan APILL slave mengatur lalu-lintas sesuai jadwal dan mengikuti pewaktuan dari master. APILL slave dapat menambah atau mengurangi waktu hijau beberapa fase agar pewaktuan kedua APILL menjadi sinkron.
Program pengatur isyarat lalu-lintas terkoordinasi ini dijalankan di mikrokontroler AVR ATmega128A. Program hanya menggunakan tidak lebih dari 10 % sumber daya prosesor, sehingga dapat dikembangkan dengan leluasa tanpa mengganti prosesor yang digunakan.
Kata kunci: , APILL master, APILL slave
Downloads
References
Dephub. 1996. Pedoman Teknis Pengaturan Lalu-lintas di Persimpangan Berdiri Sendiri dengan Alat Pemberi Isyarat Lalu-lintas. Departemen Perhubungan. Direktur Jenderal Perhubungan Darat.
Dresner, K., Stone, P. 2007. Sharing the Road: Autonomous Vehicles Meet Human Drivers. The Twentieth International Joint Conference on Artificial Intelligence (IJCAI 07). Hyderabad, India. Hal. 1263-1268.
Federal Highway Administration. 2008. Traffic Signal Timing Manual. Federal Highway Administration, U.S. Department of Transportation.
Hanggara, Yoga. 2012. Urai Macet, Tambah ATCS. http://dishub-diy.net/perhubungan/ urai-macet-tambah-atcs.html. Diakses 22 Februari 2013.
Kurniawan, Freddy, Adiprasetya, Rahmad Al Hasibi. 2007. Konsep Pengatur Lalu-lintas Sinkron Adaptif Kepadatan untuk Solusi Minimalisasi Waktu Waktu Tunggu Kendaraan. Jurnal Ilmiah Semesta Teknik. 10(2): 126 – 135.
Primantari, Luky FA. 2010. Koordinasi Pengaturan Lampu Lalu Lintas (Studi kasus: Ruas Jalan Prof. Dr. Sorharso - Adi Sucipto - A.Yani - Adi Soemarmo). Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur. 8(12): 13 – 30.
Rachmadi, M. Febrian, F. Al Afif, M. Anwar Ma’sum, M. Fajar, and A. Wibowo. 2012. Beagleboard Embedded System For Adaptive Traffic Light Control System With Camera Sensor. Journal of Computer Science and Information. 5(2): 63 – 71.
Wresti, M Clara. 2012. Kompas.com: Wamenhub Resmikan ATCS di Yogyakarta, edisi 20 Desember. http://regional.kompas.com/read/2012/12/20/11155457/Wamenhub.Resmikan.ATCS.di.Yogyakarta. Diakses 11 Maret 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Teknologi provides immediate open access to its content in order of making research freely available to the public to support a global exchange of knowledge. All articles published in this journal are free for everyone to read and download, under licence CC BY SA.
Benefits of open access for the author, include:
- Free access for all users worldwide.
- Authors retain copyright to their work.
- Increased visibility and readership.
- No spatial constraints.