ANTARMUKA BAHASA ALAMI UNTUK MELAKUKAN QUERY TERHADAP TERJEMAHAN AL-QURAN

Authors

  • Suwanto Raharjo Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Sri Hartati Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada

Keywords:

NLP, Terjemahan Al-Quran, SQL, Python

Abstract

Pengambilan data dan informasi dalam sebuah dari sebuah sistem basis data relasional dapat dilakukan dengan menggunakan Natural Language Processing (NLP).  Terjemahan Al-Quran yang tersimpan dalam sistem basis data relasional dimungkinkan untuk diambil datanya dengan menggunakan pendekatan NLP. Antarmuka NLP yang menerjemahkan pertanyaan ke dalam query  basis data dapat dibangun dengan bahasa pemorograman  Python. Pembangunan aturan produksi yang diperlukan untuk menerjemahkan bahasa alami ke dalam query terhadap basis data merupakan hal yang penting. Pembatasan 5 pertanyaan untuk membangun aturan produksi menghasilkan 7 aturan produksi dalam penelitian ini. Pertanyaan yang diajukan dalam aplikasi ini masih terbatas dan disesuaikan dengan aturan produksi yang dibangun. Kebenaran pertanyaan yang diberikan akan diperiksa dengan melakukan analisis sintaks (parser). Pertanyaan yang mampu melewati tahapan parser akan diterjemahkan ke dalam bahasa query yakni bahasa SQL. Evaluasi hasil dari bahasa SQL oleh evaluator diperlukan untuk melakukan pengecekan apakah hasil sudah sesuai dengan kaidah yang dibenarkan.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Androutsopoulos, I.G., Ritchie, D., dan Thanisch, P. 1995, “Natural language interfaces to databases-an introduction,” arXiv preprint cmp-lg/9503016, 1995.
Copestake, A. dan Jones, K.S. 1989, “Natural Language Interfaces to Databases,” 1989.
Hartati, S. dan Zuliarso, E. 2008, “Aplikasi Pengolah Bahasa Alami untuk Query Basisdata XML,” Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi, vol. 13, no. 2, 2008.
Lewis, D.D dan Jones, K.S. 1996, “Natural language processing for information retrieval,” Communications of the ACM, vol. 39, no. 1, pp. 92–101, 1996.
Naur, P., Backus, J.W., Bauer, F. L., Green, J., Katz, C., McCarthy, J., Perlis, A. J., Rutishauser, H., Samelson, K., Vauquois, B. dkk. 1963, “Revised report on the algorithmic language Algol 60,” Communications of the ACM, vol. 6, no. 1, pp. 1–17, 1963.
Popescu, A.-M. Etzioni, O. dan Kautz, H. 2003, “Towards a theory of natural language interfaces to databases,” in Proceedings of the 8th international conference on Intelligent user interfaces. ACM, 2003, pp. 149–157.
Utami, E. dan Hartati, S. 2008, “Pendekatan Metode Rule Based dalam Mengalihbahasakan Teks Bahasa Inggris Ke Teks Bahasa Indonesia,” Jurnal Informatika, vol. 8, no. 1, pp. pp–42, 2007.
Wicaksana, I.W.S, Wulandari, L, dan Wirawan, S. 2005, “Pentingnya Peranan Bahasa dalam Interoperabilitas Informasi berbasiskan Komputer karena Keragaman Semantik.” Prosiding Seminar Ilmiah Nasional (PESAT 2005), Universitas Gunadarma, Jakarta, halaman S9-S16, 2005

Downloads

Published

2014-06-30

How to Cite

Raharjo, S., & Hartati, S. (2014). ANTARMUKA BAHASA ALAMI UNTUK MELAKUKAN QUERY TERHADAP TERJEMAHAN AL-QURAN. Jurnal Teknologi, 7(1), 12–19. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1011