IMPLEMENTASI TEKNOLOGI VOIP DAN e-JABBER MEMANFAATKAN INFRASTRUKTUR JARINGAN KOMPUTER (WIFI)

Authors

  • Achmad Teguh Wibowo Program Studi Sistem Informasi STMIK STIKOM Surabaya
  • Tantri Windarti Program Studi Sistem Informasi STMIK STIKOM Surabaya

Keywords:

Implementasi VoIP, Aplikasi Jabber, Media komunikasi gartis

Abstract

SMK Ketintang Surabaya memiliki infrastruktur jaringan internet, tetapi penggunaannya kurang maksimal khususnya untuk pemanfaatan jalur lokal sebagai alternatif media dalam berkomunikasi secara gratis. Teknologi VoIP (Voice Over Internet Protocol) dimanfaatkan sebagai jalur komunikasi yang tidak berbayar (gratis) dan bersifat open source dapat memberikan solusi alternatif komunikasi yang lebih murah. Teknologi ini mampu melewatkan trafik suara, video dan data yang berbentuk paket melalui jaringan IP. Sistem chatting merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk percakapan antar komputer dalam sebuah jaringan sehingga sistem ini akan sangat efisien dan ekonomis. Sistem chatting ini menggunakan aplikasi Jabber (open source) dalam berkomunikasi secara online antar pengguna internet/intranet. Pengabungan dari teknologi VoIP yang menggunakan asterisk dan teknologi chatting menggunakan ejabber dapat digunakan untuk menunjang aktifitas pegawai atau siswa/i di SMK Ketintang Surabaya. Selain itu teknologi tersebut bisa mempersingkat waktu dalam hal komunikasi antar bagian di SMK Ketintang Surabaya, mengingat SMK Ketintang Surabaya belum mempunyai IP phone di setiap bagiannya. Dengan demikian komunikasi antar bagian atau antar siswa dapat terjadi seefisien dan ekonomis mungkin di lingkungan SMK Ketintang Surabaya dapat tercapai.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anton, Anggraini, R., 2008. Sistem Teknologi Voice Over IP (VoIP). Jurnal TeknikA, Vol.1, No.30, November 2008, Hal.33-37.
Jabber.org., 2003. What Is jabber, (online) http://www.jabber.org.
Iskandarsyah, 2003. Dasar-dasar Jaringan VoIP, (online), http://www.ilmukomputer.com.
Cover, Robin, 2002. IETF Charters Extensible Messaging and Presence Protocol(XMPP) Working Group., (online), http://xml.coverpages.org/.
Siregar, R.R.A, 2009. Teknologi VoIP (Voice Over Internet Protocol), (online), http://www.scribd.com/doc/137503196/Teknologi-VoIP-Voice-Over-Internet-Protocol.
Sudiarta, P.K., Sukadarmika, G., 2009. Penerapan Teknologi VoIP Untuk Mengoptimalkan Penggunaan Jaringan Intranet Kampus Universitas Udayana. Jurnal Teknologi Elektro, Vol.8, No.2, Juli-Desember 2009, Hal.62-70.
Tharom, T., 2002. Teknis dan Bisnis VoIP. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Yenis, R., 2004. Aspek Keamanan Sistem Instant Messaging Pada Protokol Jabber. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Program Magister Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung.
Zuliarso, E., Februariyanti, H., 2013. Pemanfaatan Instant Messaging Untuk Aplikasi Layanan Akademik. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Vol.18, No.2, Juli 2013, Hal.112-121.

Downloads

Published

2014-06-30

How to Cite

Teguh Wibowo, A., & Windarti, T. (2014). IMPLEMENTASI TEKNOLOGI VOIP DAN e-JABBER MEMANFAATKAN INFRASTRUKTUR JARINGAN KOMPUTER (WIFI). Jurnal Teknologi, 7(1), 6–11. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1010