ANALISA PENGUKURAN DAN PERBAIKAN KINERJA SUPPLY CHAIN DI PT.XYZ
Keywords:
Supply Chain Management, SCOR Model 10.0, AHP, SCORcard, Performance AttributeAbstract
Persaingan perusahaan ± perusahaan sangat ketat di era globalisasi ini yang menghendaki perdagangan bebas. Kegentingan akan perekonomian global dan persaingan yang semakin ketat menyadarkan banyak perusahaan akan pentingnya manajemen rantai pasok (supply chain management). PT. SMART, Tbk sebagai perusahaan multinasional menyadari pentingnya manajemen rantai pasok untuk meningkatkan performansi perusahaan sebagai produsen minyak kelapa sawit.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengukuran kinerja supply chain berdasarkan model Supply Chain Operation Reference (SCOR) 10.0 dengan pendekatan lapangan secara subjektif (persona() dan objektif ( data). Metode perbaikan yang digunakan untuk memperbaiki kinerja supply chain PT. SMART, Tbk adalah dengan pemilihan pemasok bahan baku menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP).
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perbaikan dilakukan di sisi upstream dimana masing ± masing pemenang pemasok bahan baku PT. Smart, Tbk adalah sebagai berikut: (1) PT. Madu Lingga Raharja Gresik sebesar 0, 38 untuk bleaching earth; (2) PT. Firmenich Indonesia sebesar 0, 53 untuk phosphoric acid, (3) PT. Allied Biotech Corporation sebesar 0, 38 untuk ingredients; (4) PT. Asia Plastik Surabaya sebesar 0, 42 untuk packaging. Perbaikan tersebut dilakukan berdasarkan analisa atribut ± atribut performansi supply chain yang dominan pada SCORcard, yakni dengan tingkat ketercapaian ( 1) Upside Supply Chain Flexibility sebesar 13, 7%, (2) Upside Supply Chain Adaptfrev43dability sebesar 11,8%, (3) Downside Supply Chain Adaptability sebesar 11,8%, (4) Cost of Good Sold sebesar 16,48%, (5) Order Fulfillment Cycle Time sebesar 47,8%, dan (6) Cash to Cash Cycle Time sebesar 51,3%. Dengan dilakukannya manajemen rantai pasok di sisi hulu, maka diharapkan dapat meningkatkan performansi supply chain dalam hal fleksibilitas dan pertimbangan secara manajerial.
Downloads
References
Febrina, Maria. (2002). Pengukuran Performansi Supply Chain Di PT. lndofood Sukses Makmur, Bogasari Flour Mills. Surabaya. Tugas Akhir. Jurusan Teknik lndustri. Universitas Kristen Petra Surabaya.
Froehlich, M.T., Westbrook, R. (2001). Arc of integration: an international study of supply chain strategies. Journal of Operations Management 19 (2),185-200.
Harelstad, C., Smartwood, D., dan Malin, J. (2004). The Value of Combining Best Practices. ASQ Six Sigma Forum Magazine August, 19-24.
Huang, S. H., Sheeran, S, K., dan Keskar, H. (2005). Computer assisted supply chain configuration based on supply chain operations reference (SCOR) model. Computers & Industrial Engineering 48, 377-394.
Norman, R., Ramirez, R., (1993) From value chain to value constellation: designing interactive strategy. Harvard Business Review 71 (4), 65-77.
Pujawan, I, Nyoman. (2005). Supply Chain Management. Penerbit Guna Widya. Surabaya.
Rahayu, Dina, RR. (2009). Pengembangan Model Pengukuran Kinerja Supply Chain (Studi kasus: Direktorat Aerostructure PT. Dirgantara Indonesia). Tesis. Jurusan Teknik dan Manajemen lndustri. lnstitut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.
Rinaldy, S., Dimas, Suwignjo, Patdono. (2006). Pengukuran kinerja Supply Chain di PT XYZ dengan menggunakan Metode SCOR. Tesis Manajemen lndustri. lnstitut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.
Saaty, T.L. (1993). Decision Making for Leaders The Analytical Hierarchy Process for Decision in Complex World. Penerbit PT. Gramedia
Simchi Levi, D., Kaminsky, P., dan Simchi Levi, E. (2003). Designing & managing the Supply Chain Concepts, Strategies, & Case Studies. McGraw Hill, 1221 Avenue of the America New York, NY10020.
Supply-Chain Council, Supply-Chain Operations Reference-model Overview Version 10.0.
Venkatraman, N. dan Ramanujam, V, (1986). Measurement of Business Performances in Strategy Research: A Comparison Approaches. Academy of Management Review, 80-814.
Xiaofei, Xu et al. (2007). "A SCOR Reference Model of the Supply Chain Management System in an Enterprise", The International Arab Journal of Information Technology, Vol 5, No. 3, July 2008