Peningkatan Kapasitas Pendidikan dengan Pendampingan Kreativitas, Inovasi dan Penelitian pada Siswa SMAN 6 Yogyakarta

Authors

  • Bikorin Bikorin Universitas AKPRIND Indonesia
  • Auliya Nurmalasari
  • Idam Wahyudi
  • Yoshua Ronaldo Primortono

DOI:

https://doi.org/10.34151/jafst.v2i2.4753

Abstract

Era sekarang ini disrupsi dan teknologi mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan ini, tidak terkecuali bidang pendidikan.  Para siswa dituntut untuk dapat menyesuaikan dengan perkembangan kurikulum serta teknologi terkini. Harapannya agar dapat menghasilkan generasi emas, lulusan yang mempunyai kompetensi dan cakap dalam teknologi. Sekolah menengah memerlukan banyak insight dari perguruan tinggi untuk memperkaya khasanah keilmuan, sedangkan perguruan tinggi melaksanakan kolaborasi sebagai upaya implementasi Tri Dharma. Program  pengabdian  kepada  masyarakat  ini  bertujuan sebagai transfer of knowledge antara perguruan tinggi dengan pendidikan menengah. Harapannya agar daya pikir dan kreativitas para siswa lebih terasah dengan hadirnya mentor dan sarana yang memadai. Para siswa SMAN 6 Yogyakarta diberikan edukasi mengenai pengembangan kreativitas dan teknik dalam berbisnis. Materi selanjutnya adalah dilaksanakan diskusi dan review terhadap prototype dan draft proposal para siswa. Berdasarkan ulasan saat kegiatan diskusi dan review, para siswa merasa puas akan materi dan pemahaman yang diberikan. Para siswa merasa bahwa kehadiran dosen dari Universitas AKPRIND Indonesia sangat bermanfaat serta memberikan pencerahan dan insight yang baik.

Downloads

Published

2024-08-03

How to Cite

Bikorin, B., Auliya Nurmalasari, Idam Wahyudi, & Yoshua Ronaldo Primortono. (2024). Peningkatan Kapasitas Pendidikan dengan Pendampingan Kreativitas, Inovasi dan Penelitian pada Siswa SMAN 6 Yogyakarta. JNANADHARMA, 2(2), 153–159. https://doi.org/10.34151/jafst.v2i2.4753

Issue

Section

Articles