Optimalisasi Peran Keluarga dan Guru Dalam Pemantauan Perkembangan Anak Melalui Pemanfaatan Buku KIA

Authors

  • rahmah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Mir’atun Nisa

DOI:

https://doi.org/10.34151/jafst.v2i2.4746

Abstract

Optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan pada masa balita merupakan hal penting yang perlu dilakukan dalam upaya mencetak generasi penerus yang berkualitas. Keluarga mempunyai peran penting dalam menyiapkan anak mencapai tumbuh kembang optimal, melalui stimulasi dan pemantauan tumbuh kembang dengan menggunakan buku KIA. Buku KIA merupakan sumber informasi lengkap dan instrumen pencatatan kesehatan sejak ibu hamil sampai usia 5 tahun, bahkan saat ini sudah ditingkatkan pemanfaatannya hingga usia 6 tahun. Hal ini diperkuat dengan SK MENKES No. 284 Tahun 2004 tentang Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang menyatakan bahwa Buku KIA merupakan satu-satunya alat pencatatan pelayanan kesehatan ibu dan anak sejak ibu hamil, melahirkan dan selama nifas hingga bayi yang dilahirkan berusia 5 tahun, termasuk pelayanan imunisasi, gizi, tumbuh kembang anak dan KB. Namun demikian, berdasar data dari dinkes Provinsi Yogyakarta tahun 2016, ibu yang mempunyai dan dapat menunjukkan buku KIA secara nasional baru mencapai 60,50%, sedangkan buku KIA yang terisi lengkap baru berkisar 20%. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keluarga dan guru tentang buku KIA sebagai upaya optimalisasi tumbuh kembang balita di PAUD ranting Aisyiyah Ngadiwinatan. Metode kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan ceramah, diskusi dan demonstrasi dengan sasaran keluarga dan guru di PAUD ranting Aisyiyah Ngadiwinatan.

Kata Kunci: Peran orangtua; guru; perkembangan balita , buku KIA

Downloads

Published

2024-08-03

How to Cite

, rahmah, & Mir’atun Nisa. (2024). Optimalisasi Peran Keluarga dan Guru Dalam Pemantauan Perkembangan Anak Melalui Pemanfaatan Buku KIA. JNANADHARMA, 2(2), 138–144. https://doi.org/10.34151/jafst.v2i2.4746

Issue

Section

Articles