Pelatihan Pembuatan Kerupuk Sehat di Desa Karang Tengah Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul

Authors

  • Sri Rahayu Gusmarwani IST AKPRIND

DOI:

https://doi.org/10.34151/jafst.v1i2.4345

Keywords:

keamanan pangan, cemaran pangan, kerupuk sehat

Abstract

Masih sering terjadinya kasus keracunan makanan, adalah bukti masalah keamanan pangan di masyarakat luas masih perlu lebih diperhatikan. Tempat-tempat dimana sering terjadi kasus keracunan makanan diantaranya sekolah, tempat kerja, posyandu, rumah, lokasi pertemuan, dan sebagainya. Penyebab kasus keracunan makanan sebagian besar dipicu oleh cemaran mikroba patogen, bahan tambahan berbahaya dan tidak tepat, makanan kadaluarsa, dan masih banyak lagi.
Edukasi kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menyediakan maupun mengonsumsi makanan sehat bebas dari bahan tambahan pangan (BTP) yang berbahaya dan tidak tepat dirasa sangat perlu untuk dilakukan, sehingga kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema pelatihan pembuatan kerupuk sehat sangat tepat.
Pelatihan dilakukan di Desa Karang Tengah Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul sebagai lokasi transmigrasi lokal dan dihadiri oleh empat puluh orang warga. Materi pelatihan mengenai pembuatan kerupuk sehat yang diselingi dengan pengenalan BTP yang berbahaya dan tidak tepat mendapat animo yang sangat besar dari warga.

Downloads

Published

2023-07-12

How to Cite

Gusmarwani, S. R. (2023). Pelatihan Pembuatan Kerupuk Sehat di Desa Karang Tengah Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul. JNANADHARMA, 1(2), 166–174. https://doi.org/10.34151/jafst.v1i2.4345

Issue

Section

Articles