Branding Forum Komunikasi Karang Taruna (FKKT) Kemantren Gondokusuman Melalui Teknologi Augmented Reality (AR)

Authors

  • Prita Haryani
  • Renna Yanwastika Ariyana Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Informasi & Bisnis, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Yuliantono Forum Komunikasi Karang Taruna Kemantren Gondokusuman

DOI:

https://doi.org/10.34151/jafst.v1i2.4340

Keywords:

Karang Taruna, FKKT Gondokusuman, Augmented Reality

Abstract

Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan Indonesia, yang bertujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para pemuda khususnya remaja dalam bidang keorganisasian, ekonomi, ketrampilan dan kesenian, dapat memanfaatkan teknologi AR sebagai re-branding Karang Taruna kepada masyarakat. AR yang bersifat interaktif, real time, dan berbentuk 3 dimensi (teks,gambar,video) dapat diimplementasikan sebagai media informasi profile Karang Taruna dan variasi produk Karang Taruna berteknologi AR sehingga nantinya bisa bernilai ekonomi mandiri bagi organisasi Karang Taruna. Untuk mencapai tujuan Karang Taruna menjadi organisasi kepemudaan yang Inovatif, berwawasan TI dan berkemandirian ekonomi, Karang Taruna khususnya Forum Komunikasi Karang Taruna (FKKT) Kemantren Gondokusuman menyelenggarakan acara workshop Seni Budaya dan Multimedia, dengan sub tema workshop Multimedia “Branding Karang Taruna Melalui Teknologi Augmented Reality. Pelaksanaan workshop berjalan dengan lancar. Workshop diikuti oleh 25 peserta dan peserta antusias mengikuti Workshop sampai selesai. Dari hasil evaluasi kegiatan, diperoleh data bahwa bahwa jumlah peserta yang mengetahui dan menggunakan teknologi AR meningkat 55%, yang semula 25% menjadi 80%. Dengan mengikuti pelatihan, peserta memperoleh pengetahuan tentang Teknologi AR, implementasi dan praktik menggunakan AR.

Published

2023-07-03

How to Cite

Haryani, P., Renna Yanwastika Ariyana, & Yuliantono. (2023). Branding Forum Komunikasi Karang Taruna (FKKT) Kemantren Gondokusuman Melalui Teknologi Augmented Reality (AR). JNANADHARMA, 1(2), 96–103. https://doi.org/10.34151/jafst.v1i2.4340

Issue

Section

Articles