Pelatihan Pengembangan LKPD Berbasis Masalah Bagi Guru Matematika SMA Pertiwi 1 Padang

Authors

  • Hamdunah Nasution Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Lucky Heriyanti Jufri
  • Alfi Yunita

DOI:

https://doi.org/10.34151/jafst.v1i2.4322

Keywords:

Matematika, LKPD, basis masalah, kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Pentingnya kemampuan pemecahan masalah untuk menyelesaikan soal-soal dalam pembelarajan matematika merupakan salah satu latar belakang dalam pelatihan pengembangan bahan ajar LKPD berbasis masalah bagi guru di SMA Pertiwi 1 Padang. Tujuan dari pelatihan ini agar setiap guru mempunyai satu bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa tersebut. Pelatihan pengembangan LKPD berbasis masalah ini dikhususkan kepada guru matematika di SMA Pertiwi 1 Padang. LKPD ini juga nanti dapat bermanfaat agar siswa dapat belajar mandiri dikarenakan waktu yang dibatasi dalam pembelajaran luring di Sekolah setelah melewati masa pandemi. Pelatihan ini memberikan penjelasan tahapan dari pengembangan bahan ajar dengan model Plomp, dan dilanjutkan dengan langkah pengembangan bahan ajar berupa LKPD berbasis masalah (PBL). Hasil dari pelatihan ini, terlihat bahwa guru matematika SMA Pertiwi 1 Padang lebih termotivasi dalam pengembangan bahan ajar yang kreatif dan inovatif bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, khususnya dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Nasution, H., Lucky Heriyanti Jufri, & Alfi Yunita. (2023). Pelatihan Pengembangan LKPD Berbasis Masalah Bagi Guru Matematika SMA Pertiwi 1 Padang. JNANADHARMA, 1(2), 104–112. https://doi.org/10.34151/jafst.v1i2.4322

Issue

Section

Articles