Peningkatan Pasar UMKM di Desa Purwosari Kabupaten Wonogiri Melalui Pelatihan Promosi pada Media Sosial dan Marketplace
Abstract
Bisnis makanan tradisional banyak ditekuni oleh para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) karena pembuatannya mudah dan dapat dibuat serta dipasarkan dalam skala kecil. Munculnya inovasi produk makanan modern menjadikan ancaman yang serius bagi pelaku UMKM, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Sebagai bagian dari kepedulian sosial dan implementasi tridharma perguruan tinggi, tim KKN tematik Jurusan Statistika IST AKPRIND berusaha memberikan bantuan kepada pelaku UMKM dalam bentuk pemberian pelatihan promosi melalui media sosial dan marketplace. Aktivitas ini meliputi beberapa sub kegiatan antara lain sosialisasi, pemberian berbagai pelatihan seperti riset pasar, pembuatan desain kemasan yang baru, pembuatan jenis produk baru, pembuatan situs web, media sosial, dan marketplace, serta pelaksanaan promosi melalui media sosial dan marketplace. Lokasi kegiatan pengabdian masyarakat adalah di Desa Purwosari, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri dan berlangsung mulai 3 Agustus 2021 sampai dengan 17 Desember 2021. Sasaran kegiatan adalah pengusaha Geti Sumber Rejeki serta pelaku UMKM di desa Purwosari. Setelah dilakukan kegiatan ini diperoleh beberapa hasil, yakni pemilik usaha serta karyawannya lebih memahami pentingnya produk dengan kemasan menarik, higienis dan tahan lama. Pelaku UMKM juga lebih menguasai teknik-teknik pemasaran modern melalui media sosial sehingga jangkauan pemasaran menjadi lebih luas, pangsa pasar meningkat, dan penghasilannya juga meningkat.