MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN METODE QUEUE TREE DAN KEAMANAN HOTSPOT MENGGUNAKAN MIKROTIK OS DAN GNS3 DI BALAI DESA SIDOREJO

Authors

  • Rio Ponco Negoro Muhammad Hakim IST Akprind Yogyakarta
  • Suwanto Raharjo IST Akprind Yogyakarta
  • Rr.Y. Rachmawati Kusumaningsih IST Akprind Yogyakarta

Keywords:

Bandwidth, Queue Tree, Mikrotik OS, GNS3, Balai Desa Seidorejo

Abstract

Di Balai Desa terdapat sebuah infrastruktur jaringan internet, tetapi pada jaringan tersebut belum adanya sebuah manajamen jaringan yang baik ataupun sehat dan keamanan jaringan yang baik, sehingga perlu adanya manajemen bandwidth dan keamanan jaringan di Balai Desa Sidorejo agar setiap penggunaya bisa mendapatkan batas limit internet yang merata. Hasil pengujian Queue Tree pada Mikrotik OS dan GNS3 di Balai Desa mendapatkan hasil pembagian bandwidth yang lebih merata untuk setiap penggunanya dan akses internet lebih stabil dan lancar karena sudah mendapatkan batasan bandwidth per-setiap pengguna. Dan adanya pemblokiran situs atau web dan login page, pengguna yang terhubung tidak bisa mengakses situs-situs yang negative, dan jaringan internet tidak mudah untuk diakses oleh sembarang orang, sehingga jaringan internet menjadi lebih sehat untuk dikases dan tidak mensalahgunakan akses internet untuk hal-hal yang kurang baik.

References

Adi Kusuma, A. P., & Asmunin. (2016). Implementasi Simple Port Knocking Pada Dynamic Routing (OSPF) Menggunakan Simulasi GNS3. Jurnal Manajemen Informatika, 7-17.

Diyantoro, A., & Haekal, N. H. (2018). Penerapan Manajemen Bandwidth Menggunakan Hierarchical Token Bucket pada Mikrotik Router OS. Jurnal Teknologi Informasi.

Ilham, D. N. (2018). Implementasi Metode Simple Queue dan Queue Tree untuk Optimasi Manajemen Bandwidth Jaringan Komputer di Politeknik Aceh Selatan. Jurnal Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi, 43-50.

Rakhmah, S. N., Kuncoro, I. M., & Harafani, H. (2019). Pengelolaan Jaringan Hotspot Menggunakan Mikrotik OS pada PT Arsen Kusuma Indonesia. Jurnal Inkofar, 15-22.

Suryayusra, Solikin, I., & Ulfa, M. (2017). Penerapan Sistem Keamanan Jaringan SMK Negeri 1 Indralaya Utara dengan Mikrotik. Jurnal Ilmiah Matrik, 197-206

Downloads

Published

2021-10-11

Issue

Section

Articles