ANALISIS KEAMANAN JARINGAN MIKROTIK ISP INDONESIA MENGGUNAKAN SEARCH ENGINE SCADA SHODAN DENGAN METODE EXPLOIT WINBOX CRITICAL VULNERABILITY

Authors

  • Julianto IST Akprind Yogyakarta
  • Suwanto Raharjo IST Akprind Yogyakarta
  • Catur Iswahyudi IST Akprind Yogyakarta

Keywords:

Kerentanan mikrotik, shodan, exploit

Abstract

Mikrotik sudah sangat familiar bagi pengguna internet di Indonesia sebagai sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network. Disamping itu masalah yang sering terjadi pada router mikrotik terhadap sisi pengguna tidak meningkatkan versi mikrotik yang memiliki celah kerentanan mikrotik v6.42-v6.28 sehingga mudah diexploit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem keamanan akses router mikrotik serta melakukan cara mitigasi atau pencegahan dan solusi keamanan dari serangan Exploit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen, studi pustaka dan simulasi. Dalam melakukan ujicoba, penelitian ini menggunakan teknik Exploit winbox critical vulnerability terhadap perangkat mikrotik yang diketahui masih memiliki celah keamanan dengan memanfaatkan search engine scada shodan sebagai pencari Ip publik dari mikrotik. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu menyimpulkan dan memberikan solusi bagaimana cara menanggulangi dan mencegah kembali serangan terhadap masalah keamanan akses router mikrotik dari serangan exploit dalam hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi IT security instansi atau perusahaan untukmengamankan router mikrotik dari serangan exploit.

References

Amarudin, A. (2018). Desain Keamanan Jaringan Pada Mikrotik Router OS Menggunakan Metode Port Knocking. Jurnal Teknoinfo, 35-38.

Autotekno. (2018, Agustus 31). MikroTik di Indonesia Diserang Besar-Besaran CryptoJacking. Retrieved from https://autotekno.sindonews.com/berita/1334444/133/mikrotik-di-indonesiadiserang-besar-besaran-cryptojacking: https://autotekno.sindonews.com

Bssn. (2018, October 16). Himbauan Terkait Kerentanan CVE-2018-14847. Retrieved from https://bssn.go.id/himbauan-terkait-kerentanan-cve-2018-14847/: https://bssn.go.id

Chandra, S., Hutauruk, Yulianto, Y., & Satrya, &. (2016). Malware Analysis Pada Windows Operating System Untuk Mendeteksi Trojan Malware Analysis on Windows Operating System To Detect Trojan. e-Proceeding of Engineering, 3590–3595.

Khayudi, M. A. (2019). Analisis dan Perancangan Keamanan Akses Router Mikrotik dari Serangan Exploit. DIGITAL REPOSITORY Universitas Internasional Batam, 1-81.

Prayudi, Y., & Putro, D. H. (2018). simulasi untuk peningkatan keamanan data pada metarouter yang sudah tereksploitasi. Universitas Islam Indonesia.

Santoso, J. D. (2019). Uji Kerentanan Keamanan Server Menggunakan Scada Shodan. TEKNOKOM , vol 2 -no 2.

Shaifullah, S. M. (2018). desain firewall terhadap serangan ddos pada router mikrotik. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Shodan. (2009). The search engine for the Internet of Things. Retrieved from https://www.shodan.io/search?query=mikrotik+country%3A%22ID%22: https://www.shodan.io

Downloads

Published

2021-10-11

Issue

Section

Articles