PERANCANGAN THERMOMETER INFRARED OTOMATIS BERBASIS IoT MENGGUNAKAN JARINGAN INTERNET UNTUK PENDATAAN SUHU DAN PELACAKAN PENGUNJUNG

Authors

  • Tri Anto IST Akprind Yogyakarta
  • Prita Haryani IST Akprind Yogyakarta
  • Catur Iswahyudi IST Akprind Yogyakarta

Keywords:

Thermometer otomatis, sensor GY-906 MLX90614, website, firebase, Internet of Things

Abstract

Virus Corona (COVID-19) telah melanda sejumlah besar negara. Jutaan orang sudah terinfeksi virus corona (COVID-19). Salah satu indikator orang terinfeksi virus corona (COVID-19) adalah suhu badan yang tinggi, yang dapat diketahui dengan melakukan pengukuran dengan thermometer. Namun thermometer ini masih menggunakan cara manual dalam system kontrolnya dan tidak adanya system pendataan yang bisa dilihat/monitor. Maka dari itu diperlukan sebuah system thermometer yang dapat dikontrol secara otomatis serta dapat melakukan pendataan
yang dapat dipantau dengan website. Dalam pengujian system ini menggunakan 2 metode pengujian yaitu pada sisi alat menggunakan metode White Box Testing sedangkan pada sisi website menggunakan metode Black Box Testing. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif dalam menganalisis hasil dari system dengan menggunakan parameter jarak antara sumber jaringan internet dengan alat. Protoype ini menggunakan dua buah mikrokontroler yaitu menggunakan NodeMCU serta menggunakan Arduino. Hasil penelitian ini berupa alat berbentuk prototype untuk mengukur suhu secara otomatis dan website sebagai media pendataan yang keduanya dapat saling terhubung dengan menggunakan jaringan internet wifi. Prototype ini memiliki kalibrasi 1 ºC jika dibandingkan dengan thermometer standar. Hasil pengukuran suhu yang tepat dan akurat didapatkan dengan jarak objek dengan prototype 1-2 cm. Jarak maksimal sumber jaringan internet dengan prototype adalah < 20 m 

References

Dharmawan, H. A. (2017). Mikrokontroller Konsep Dasar dan Praktis. Malang: Universitas Brawijaya.

Efendi, A. T. (2017). Sistem Pengendali Pintu Berbasis Web Menggunakan Nodemcu 8266. Doctoral dissertation STMIK AKAKOM Yogyakarta.

Faisol, A., & Muttaqim, I. I. (2017). IMPLEMENTASI SENSOR MONITORING PADA JARINGAN WI-FI (HOTSPOT) BERBASIS SNORT . Jurnal Teknologi Informatika dan Terapan Vol. 05.

Google Developers. (2018). Firebase Realtime Database. (Diakses 8 januari 2019).: https://firebase. google.com/docs/database.

Hayt, W. H., Kemmerly, J. E., & Durbin, S. M. (2007). Engineering Circuit Analysis (7th Edition).New York: : McGraw-Hill Higher Education.

Kadir, A. (2017). Pemrograman Arduino dan Processing. jakarta: Elex Media Komputindo.

Mehta, M. (2015). A Breakthrough in Wireless Sensor Networks and Internet of Things. International Journal of Electronics and Communication Engineering & Technology, 6(8), 7-11.

Protsiv, M., Ley, C., Lankester, J., Hastie, T., & Parsonnet, J. (2020). Decreasing Human Body Temperature In. England: eLIFE.

Puspasari, F., Fahrurrozi, I., Satya, T. P., Setyawan, G., Fauzan, M. R., & Admoko, d. E. (2019). Sensor Ultrasonik HCSR04 Berbasis Arduino Due untuk Sistem Monitoring Ketinggian. Jurnal Fisika dan Aplikasinya, 15(2), 36-39.

Safitri, M., & Dinata, G. (2019). NON-CONTACT THERMOMETER BERBASIS INFRA MERAH.Yogyakarta: UMY.

Yahiaoui, H. (2017). Firebase Cookbook. Packt Publishing.

Components 101. (2018). Arduino Uno Pin Diagram, Specifications, Pin Configuration & Programming. Diambil dari Components 101: https://components101.com /microcontrollers/arduino-uno (Diakses 22 Oktober 2019).

Khedkar, S. & Thube, S., 2017. Real Time Databases For Applications. International Research Journal Of Engineering And Technology. International Research Journal Of Engineering And Technology (IRJET), Volume 04, Pp. 2395-0056

Downloads

Published

2021-10-11

Issue

Section

Articles