MEMBANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PERGURUAN TINGGI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA BERBASIS WEB

Authors

  • Dodo Suratmo
  • Suraya =
  • Naniek Widyastuti

Abstract

Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan sebuah integrasi cara kerja perangkat lunak/keras untuk pengaksesan data dan layanan geospasial melalu perangkat bergerak via jaringan kabel atau nirkabel. Dengan berkembangnya SIG, bisa dijadikan latar belakang dalam dasar penelitian Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikenal sebagai kota Pendidikan di Indonesia. Untuk mengakomodasi para pengguna terutama kalangan muda dalam hal navigasi yang sederhana berkaitan dengan pengaksesan lokasi Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Maka Aplikasi SIG Lokasi Perguruan Tinggi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Navigasi sederhana untuk mencari lokasi Perguruan Tinggi yang terdapat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan memanfaatkan Google Maps yang dapat digunakan secara gratis dan juga tidak perlu membuat server khusus untuk mengelola data yang berkaitan dengan sebuah peta virtual.

Aplikasi ini diharapkan mempermudah pengguna aplikasi untuk mengetahui lokasi Perguruan Tinggi dengan tampilan marker yang berwarna biru yang berada di maps. Fasilitas petunjuk arah perguruan tinggi yaitu fasilitas yang dapat memberikan informasi kepada user tentang informasi rute yang harus ditempuh oleh user untuk dapat sampai dilokasi perguruan tinggi yang dicari, dan informasi tersebut ditampilkan dalam bentuk peta yang menampilkan rute jalan, nama jalan, dan informasi jarak tempuh. Fitur cari prodi  yaitu fasilitas yang dapat memberikan informasi tentang akreditasi jurusan sehingga user dapat mengetahui tingkat akreditasi dari perguruan tinggi yang dicari.

References

Cahyadi, O., 2009, Sistem Informasi Perguruan Tinggi Neggri Di Indonesia, Skripsi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
Galih, A, D. N., 2011, Aplikasi Sistem Informasi Geografi Pemetaan Perguruan Tinggi Di DIY Berbasis WEB, Skripsi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom, Yogyakarta.
Hakim, L., 2014, Proyek Website Super Wow! Dengan PHP&JQuery, Lokomedia, Yogyakarta.
Kadir, A., 2013, Pemrograman Database MySQL Untuk Pemula,Mediakom, Yogyakarta.
Oktavian, D. P., 2010, Menjadi Progremmer Jempolan Menggunakan PHP, Mediakom, Yogyakarta.
Pramadya, J. S. A., 2011, Pembuatan Aplikasi Mobile Berbasis Android Os Untuk Mengetahui Lokasi Tempat Wisata Di Daerah Istimewa Yogyakarta, Skripsi, Stmik Amikom Yogyakarta, Yogyakarta.
Pribadi, A, W., 2013, Membangun Aplikasi Berbasis Android Untuk Lokasi Pendidikan Di Kabupaten Bantul, Skripsi, IST Akprind, Yogyakarta.
Sutanta, E., 2010, Membangun SIG Perguruan Tinggi DIY Menggunakan CMS Joomla dan Google Map, IST Akprind, Yogyakarta.
Ulinuha, M, A., 2013, Sistem Informasi Lokasi Pendidikan Tingkat Kecamatan Bantul berbasis Geographic Information System (GIS), Skripsi, IST Akprind, Yogyakarta.
Wiswakarma, K., 2011, Teknik Cepat Menguasai CSS 3, Lokomedia, Yogyakarta.
http://www.ban-pt.kemdiknas.go.id, di akses 04 Oktober 2013.
http://www.kopertis5.org, di akses 04 Oktober 2013.
http://www.id.wikipedia.org, di akses 16 Maret 2014.

Downloads

Published

2020-01-16