MEMAKSIMALKAN POTENSI BISNIS INTERNET PADA JARINGAN NIRKABEL (Studi Kasus: Pengembangan Jaringan LAN di Pondok Pesantren Terpadu Al Mumtaz)

Authors

  • Yuki Syambudi Setiadi
  • Suwanto Raharjo
  • Joko Triyono

Keywords:

Hotspot, Voucher, Ideologi, Pondok, Pesantren

Abstract

Teknologi nirkabel atau wireless, kini semakin merebak di seantero penjuru negeri. Dengan memanfaatkan gelombang radio, teknologi nirkabel pada jaringan komputer semakin menunjukkan eksistensinya dibandingkan dengan jaringan konvensional (dengan kabel / wired). Keberadaan teknologi yang semakin murah juga turut menunjang eksistensi dari teknologi nirkabel ini.

Kini, area dengan jaringan nirkabel atau lebih familiar dengan istilah hotspot semakin mudah untuk ditemui. Perangkat pembangun jaringan hotspot yang relatif murah membuat sebagian orang bersikukuh untuk memanfaatkan peluang bisnis pada jaringan nirkabel. Berbagai trik pun dilancarkan oleh para pelaku bisnis, mulai dari kewajiban membeli barang terlebih dahulu sebelum menggunakan fasilitas hotspot, hingga warung internet (warnet). Namun, penggunaan kartu prabayar atau voucher merupakan strategi bisnis yang paling prospektif. Hal ini dikarenakan kemudahan untuk memanajemen pada sisi pelaku bisnis dan kemudahahan penggunaan pada sisi pelanggan.

Meninjau pada target PT. Telkom yang terobsesi untuk menjadikan Indonesia negara dengan jumlah WiFi terbesar di Asia (Yandi, 2012), yakni 10 juta WiFi pada 2015, sudah tentu bisnis hotspot merupakan bisnis yang sangat menjanjikan di masa depan. Namun demikian, bisnis hotspot juga harus dikendalikan agar tidak menyalahi aturan hukum dan norma, apalagi jika bisnis dijalankan di lingkungan Pondok Pesantren. Dengan sedikit sinkronisasi antara sistem dengan ideologi kepesantrenan yang ada, maka bisnis hotspot ini pun akan menjadi bermanfaat bagi Pondok Pesantren.

Keyword: Hotspot, Voucher, Ideologi, Pondok Pesantren

 

References

Anita, M. (2013). TRANSISI IPV4 KE IPV6 DENGAN MENGGUNAKAN METODE DUAL STACK : STUDI KASUS PENGEMBANGAN JARINGAN LAN DI MAN GODEAN. Yogyakarta: Skripsi IST Akprind.
Hadi, S. (2012). DESAIN DAN IMPLEMENTASI OTENTIKASI JARINGAN HOTSPOT MENGGUNAKAN COOVACHILLI DAN FREERADIUS PADA LINUX UBUNTU 10.04 LTS. Yogyakarta: Skripsi IST AKPRIND.
Hassell, J. (2002). RADIUS. California: O'Reilly.
Jiono, E. (2012). MANAJEMEN KEAMANAN JARINGAN WIRELESS PADA MASJID AL-AMIN BERBAH DENGAN PENYEDIA JARINGAN IST AKPRIND YOGYAKARTA. Yogyakarta: Skripsi IST AKPRIND.
Jubilee Enterprise. (2007). 119 Trik Rahasia Aplikasi Internet. Yogyakarta: Elex Media Komputindo.
Lubis, R. F. (2010). ANALISA PERBANDINGAN EASYHOTSPOT DAN MIKROTIK DALAM PENERAPAN HOTSPOT AREA DENGAN SISTEM AAA. Yogyakarta: Skripsi IST AKPRIND.
OIT. (2013, 11 13). Dipetik 11 13, 2013, dari http://oit.ugm.ac.id/wp-content/docs/tutorial-radius3.pdf

Downloads

Published

2014-07-01

Issue

Section

Articles