PERANCANGAN BLUE PRINT JARINGAN MENGGUNAKAN VIRTUAL LAN (VLAN) DENGAN STUDI KASUS (PT. PLN PERSERO AREA KUDUS)

Authors

  • Faesol Puspito
  • Naniek Widyastuti
  • Joko Triyono

Keywords:

VLAN, Blue print, Switch

Abstract

Perkembangan teknologi jaringan komputer saat ini semakin pesat seiring kebutuhan masyarakat yang memanfaatkan jaringan komputer. Hal ini dilihat dari banyaknya perusahaan atau organisasi yang menggunakan jaringan komputer. Dengan demikian meningkatnya kebutuhan dan semakin banyaknya pengguna jaringan, maka dituntut pula adanya bentuk jaringan yang memberikan hasil maksimal, baik dari segi efisiensi perangkat jaringan, konfigurasi maupun keamanan.

            Berdasarkan pada hal tersebut maka dilakukan analisis terhadap jaringan existing, yang meliputi struktur, topologi jaringan, perangkat jaringan. Dari hasil analisis maka dibuatlah perancangan blue print jaringan yang baru dengan menggunakan teknik VLAN. Sebelum diimplementasikan, terlebih dahulu blue print jaringan VLAN disimulasikan menggunakan Packet Tracert.

            Ada beberapa keunggulan jaringan VLAN, antara lain dapat mengelola switch managable. Dari segi flexibility, user pada jaringan VLAN yang sama tidak bergantung pada letak fisik atau lokasi user berada. Selain itu, dari segi availability. Penggunaan VLAN juga memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi, karena setiap user tidak bisa begitu saja masuk ke dalam switch dan bergantung dengan user lain.

References

Dewi, R. P. (2009). Simulasi Dynamic Routing Protocols, Access List Dan VLAN Pada Jaringan Komputer. Yogyakarta: Skripsi Universitas Gajah Mada.
Dwiningsih. (2011). Simulasi Virtual LAN (VLAN) Menggunakan Packet Tracert 5.3. Sebagai Pengembangan Jaringan Di PT. MekarArmada Jaya Magelang. Yogyakarta: Skripsi IST AKPRIND.
Mochammad, L. H., & Azis, C. (2008). Menguasai Router Masa Depan Menggunakan Mikrotik RouterOS. Yogyakarta: ANDI.
Sofana, I. (2012). CISCO CCNA & Jaringan Komputer. Bandung: INFORMATIKA.
Sofana, I. (2012). CISCO CCNP & Jaringan Komputer. Bandung: INFORMATIKA.
Susanti, I. (2010). Perancangan Dan Simulasi Jaringan Berbasis Virtual Local Area Network (VLAN) Menggunakan Cisco Catalyst. Yogyakarta: Skripsi IST AKPRIND.
Towidjojo, R. (2013). Mikrotik Kung Fu Kitab 1. Jakarta: JASAKOM.
Towidjojo, R. (2013). Mikrotik Kung Fu Kitab 2. Jakarta: JASAKOM.

Downloads

Published

2014-07-01

Issue

Section

Articles