ANALISIS DAN IMPLEMENTASI MONITORING KAMERA CCTV MENGGUNAKAN JARINGAN VLAN DI SEKOLAH TELADAN YOGYAKARTA

Authors

  • Fuad Aji N
  • Joko Triyono
  • Uning Lestari

Keywords:

Qos, VLAN, CCTV

Abstract

Sekolah Teladan Yogyakarta  merupakan salah satu instansi pedidikan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah menerapkan teknologi pada instansinya dengan menggunakan kamera CCTV berbasis jaringan VLAN yang terhubung ke ruang monitoring. Tujuan dari pemasangan kamera CCTV oleh sekolah untuk terciptanya rasa aman dan nyaman bagi siswa maupun orang tuan yang berada dirumah. Hal lian yang tidak kalah penting adalah sebagai sarana untuk memantau keamanan aset sekolah serta dapat digunakan untuk memantau kinerja guru dan karyawan. Dengan adanya penerapan teknologi tersebut tersebut maka diperlukan IPkamera sebagai penghubung ke jaringan. Di dalam penerapan teknologi tersebut nantinya akan dilakukan pengukuran parameter kualitas layanannya (QoS)yang meliputi delay, packet loss, throughput,danjittersehingga munculah permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah “ Analisis dan Implementasi Monitoring Kamera CCTV Menggunakan Jaringan VLAN”. Tools yang akan digunakan untuk mengukur parameter QoS ini menggunakan software Wireshark, WinPcap, putty, dan winbox-2.2.18. Dari hasil pengukuran parameter QoS tersebut dapat diketahui adanya faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas QoS pada jaringan VLAN adalah besar data yang dikirim, jumlah pengguna jaringan, dan waktu dalam melakukan pengukuran trafik jaringannya, bisa pada waktu pagi sampai siang hari, siang sampai sore hari, dan sore sampai malam hari semuanya menghasilkan data yang berbeda-beda

References

Rahayu. (2013). Monitoring dan Analisis Kualitas Layanan Trafik Kamera CCTV Pada Jaringan Wirelles di PT Bukit Asam (Persero) Tbk Tanjung Enim. Palembang: Universitas Bina Darma.
Wibowo, M. D. (2014). Analisis dan Implementasi Quality of service (QOS) menggunakan IPCop di SMK Muhamadiyah Imogiri. Naskah Publikasi , 1.
Wijaya, S. U., Kurnia, D. A., & Dyanti, E. (2015). MONITORING DAN ANALISIS KUALITAS QUALITY OF SERVICES (QOS) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN TRAFIK KAMERA CCTV PADA JARINGAN WIRELESS. Jurnal Online ICT STMIK IKMI , 1.

Downloads

Published

2018-01-10