ANALISIS KINERJA WIRELESS POINT TO POINT MULTIPOINT CLIENT BRIDGE DAN REPEATER PADA FREKUENSI 2.4 GHZ

Authors

  • Zeppi Maulana Bhakti
  • Suwanto Raharjo
  • muhammad Sholeh

Keywords:

Jaringan wireless, Qos, Point to Point, Multipoint, Client bridge, Repeater

Abstract

INTISARI

Dalam membangun jaringan wireless dibutuhkan sebuah teknologi yang tepat agar tercipta koneksi wireless yang baik. Teknologi nirkabel (wireless) memiliki fleksibilitas, mendukung mobilitas, memiliki teknik frequency reuseselular dan handover, menawarkan efisiensi dalam waktu (penginstalan) dan biaya (pemeliharaan dan penginstalan ulang di tempat lain), mengurangi pemakaian kabel dan penambahan jumlah pengguna dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Beberapa teknologi itu diantaranya point to point, multipoint, client bridge dan repeater. Teknologi tersebut sangat efektif dan dapat mendukung saluran komunikasi informasi secara luas dan aman.

Untuk implementasi teknologi wireless menggunakan beberapa access point dan satu buah mikrotik sebagai DHCP server. Pengujian dilakukan dengan analisa parameter Quality of Service (QoS) diantaranya delay, packet loss, throughput dan bandwidth pada masing-masing teknologi. Pengujian dilakukan dengan 2 pengujian yaitu pengujian A dan pengujian B, pengujian A dengan access point client ada diluar dan pengujian B dengan access point client ada didalam.

            Dari hasil pengujian beberapa kinerja jaringan wireless terdapat perbedaan nilai Quality of Service (QoS) pada masing-masing teknologi wireless. Dari kedua pengujian nilai throughput yang paling tinggi didapat dari teknologi point to point,  pada pengujian A diperoleh nilai 86,4 byte/ms dan pada pengujian B diperoleh nilai 12,9 byte/ms. Jadi secara keseluruhan 2 pengujian nilai throghput yang tinggi didapat dari teknologi point to point.

References

Kosasi, S. (2011). Analisis Penerapan Arsitektur Wireless LAN Menggunakan Top Down Approach di PT.Telkom. jurnal informatika , 2.
Kustanto. (2008). Membangun Server Dengan Mikrotik OS. Yogyakarta: Gava Medika.
Purwanto, T. D. (2014). Analisis QOS Wireless LAN pada Perangkat Access Point 802.11g. Jurnal ilmiah MATRIK , 125-134.
Rumalutur, S. (2014). Analisis Keamanan Jaringan Wireless LAN (WLAN) Pada PT. PLN (Persero) Wilayah P2B Area Sorong. Jurnal Teknologi dan Rekayasa Volume 19 No. 3 , 48-60.
Sto. (2014). Wireless Kungfu : Networking dan Hacking. Jakarta: Jasakom.
Sukamaaji, A., & Rianto. (2008). Konsep Dasar Pengembangan Jaringan dan Keamanan Jaringan. Yogyakarta: Andi.
Susanto, F., & Maimunah. (2012). Koneksi Antar Gedung Pada Kampus Pergururan Tinggi Raharja Dengan Metode Point To Multipoint Menggunakan Teknik Wireless Bridging Routerboard RB411AR. Jurnal CSRID Vol. 4 No. 3 , 167-175.
Syafrizal, M. (2005). Pengantar Jaringan Komputer. Jogja: Andi Offset.

Downloads

Published

2017-07-10

Issue

Section

Articles