SISTEM PEMANTAUAN LINGKUNGAN RUANG SERVER BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN PROTOKOL MESSAGE QUEUE TELEMETRY TRANSPORT

Authors

  • Muchamad Rizal Rinaldi
  • Amir Hamzah
  • Uning Lestari

Keywords:

Sistem Pemantauan, Ruang Server, IoT, MQTT

Abstract

Server merupakan pusat kendali dan pintu akses ke dunia luar dalam lingkup teknologi informasi. Untuk menjaga server tetap beroperasi dengan baik, diperlukan beberapa usaha pemeliharaan dan pengamanan yang memadai, seperti pemantauan lingkungan ruang server. Lingkungan ruang server perlu dipantau karena berhubungan langsung dengan perangkat keras server dan dapat mempengaruhi kinerjanya. Karena keterbatasan kemampuan sumber daya manusia dalam memantau lingkungan ruang server, dibutuhkan suatu sistem pendukung yang selalu aktif, terhubung, dan bekerja secara terus menerus, dengan berbasis kepada Internet of Things (IoT) dan protokol Message Queu Telemetry Transport (MQTT).

Sistem yang diteliti mampu memantau data suhu, kelembaban, kebakaran, kebisingan, dan pergerakan. Sistem terdiri dari alat, transmisi data, dan aplikasi. Alat bertugas membaca data pantauan. Transmisi data bertugas menjembatani alat dan aplikasi. Aplikasi bertugas menyimpan, mengolah, dan menyajikan data. Sistem disusun menggunakan arsitektur berbasis IoT dan komunikasi data menggunakan MQTT. Sistem dibangun menggunakan teknologi seperti Arduino, ESP8266, Node-RED, dll.

Karena menggunakan MQTT, sistem dapat melakukan pembacaan dan pengiriman data secara cepat, terus menerus, dan real-time. Sistem dapat memberikan notifikasi apabila terdapat data pantauan yang tidak sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Sistem diharapkan dapat membantu pengelola/pengawas ruang server (pengguna) dalam memantau kondisi lingkungan ruang server.

References

Anif, M., dkk. 2017. Monitoring Ruangan Jarak Jauh Menggunakan Mikrokontroler DFRduino, Sensor Passive Infrared, dan Buzzer. Prosiding SISFOTEK, Vol. 1, No. 1, Hal. 143-152.
Awaj, M.F., dkk. 2014. Sistem Pengukur Suhu dan Kelembaban Ruang Server. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 2, No. 1, Hal. 40-47.
Dharmawan, H.A. 2017. Mikrokontroller: Konsep Dasar dan Praktis. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Hayt, W., dkk. 2007. Engineering Circuit Analysis (7th Edition). New York: McGraw-Hill Higher Education.
Hikmat, H. 2010. Monitoring dan Evaluasi Proyek. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lampkin, V., dkk. 2012. Building Smarter Planet Solutions with MQTT and IBM WebSphere MQ Telemetry. New York: IBM Redbooks.
Mehta, M., 2015. ESP8266: A Breakthrough in Wireless Sensor Networks and Internet of Things. International Journal of Electronics and Communication Engineering & Technology (IJECET), Vol. 6, No. 8, Hal. 07-11.
Nur, M.N.A., dkk. 2017. Perancangan Sistem Monitoring Online Berbasis Motion Detector Menggunakan Raspberry Pi. SEMNASTEKNOMEDIA Online, Vol. 5, No. 1, Hal. 2-6.
Rohpandi, D., dkk. 2017. Pendeteksi Bahaya Kebakaran Ruang Server Berbasis Arduino di Dinas Kependudukan Kota Tasikmalaya. Voice of Informatics, Vol. 6, No. 1, Hal. 1-10.

Downloads

Published

2019-01-10