ANALISIS DAN PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOP DOWN

Authors

  • Yosi Iman Setiadi
  • Catur Iswayudi
  • Erna Kumalasari Nurnawati

Keywords:

Top Down, Infrastructure, Cisco Packet Tracer.

Abstract

Kantor Pengadilan Agama Kota Pekalongan sebagai badan pelaksana kekuasaan kehakiman memiliki tugas pokok untuk menerima, memeriksa dan mengadili serta menyelesaikan setiap perkara. Perancangan jaringan di pengadilan agama mempunyai kendala lambatnya performa jaringan, komputer tidak terdeteksi oleh komputer lain dan masih terdapat ruangan yang belum terkoneksi jaringan. Perancangan jaringan menggunakan Metode Top Down, dinilai dari kualitas kinerja jaringan dengan pengujiannya menggunakan PING dan Traceroute.Analisis perangkat jaringan untuk membandingkan kinerja jaringan di beberapa ruangan pengadilan agama sehingga dalam kinerjanya lebih efisien.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode observasi dan wawancara untuk pengumpulan data.Sedangkan metode yang digunakan untuk perancangan jaringan adalah metode Top Down. Observasi dilakukan pengamatan langsung mengenai kondisi jaringan existing sedangkan metode wawancara mengajukan pertanyaan mengenai kondisi jaringan sebelum penelitian. Metode Top Down digunakan sebagai metode untuk perancangan jaringan yang diusulkan dengan menggunakan aplikasi Cisco Packet Traceroute.

Analisis perbandingan perancangan jaringan dengan metode Top Down menggunakan topologi star.Perbedaan pada rancangan desain jaringan Top Down untuk merancang sebuah jaringan sesuai kebutuhan dan mudah dikembangkan, analisis kebutuhan hardware pada rancangan jaringan mempengarui kinerja jaringan yang diuji dengan PING dan Traceroute untuk titik yang terhubung oleh jaringan.Berdasarkan hasil ujicoba perbandingan kualitas kinerja jaringan, rancangan jaringan usulan dengan menggunakan metode Top Down dari rancangan topologi, hardware dan kinerjanya lebih baik dibandingkan dengan rancangan jaringan existing.

References

Ariantoro, T. R., (2017), Penerapan Metode Top-Down Design Pada Jaringan Komputer Di Stik Bina Husada.
Oppenheimer, P., (2011), Top Down Network Design (Third Edition).
Cisco press : United State Of America.
Saputra, A., (2015), Analisis Infrastruktur Jaringan Komputer Sistem Dapodik Pada Sma Di Kota Prabumulih Menggunakan Metode Top Down.
Ulfa, M., (2017), Top Down Network Design Dalam Perancangan Jaringan Komputer Pada Sma Negeri 1 Indralaya Selatan.

Downloads

Published

2019-01-08