PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER PADA RUMAH SAKIT SOEDARSONO DARMOSOEWITO DI BATAM

Authors

  • Stefanus Samuel Tampi
  • Suwanto Raharjo
  • muhammad Sholeh

Keywords:

Perancangan, Jaringan, Simulasi, Cisco Packet Tracer

Abstract

Rumah Sakit Soedarsono Darmosoewito Batam secara keseluruhan sudah menggunakan jaringan internet tetapi rancangan jaringan komputer tersebut dibangun tanpa adanya simulasi terlebih dahulu, karena adanya kurang informasi atau pengetahuan dan juga sumber daya manusia. Oleh karena itu, komponen - komponen untuk membangun sebuah jaringan membutuhkan perancangan yang baik, serta harus adanya simulasi yang sudah di bangun terlebih dahulu, supaya memudahkan kita untuk penerapan secara prakteknya.

Tujuan utama penelitian ini bermaksud untuk melakukan analisa jaringan yang ada di RS Soedarsono Darmosoewito Batam, membuat rancangan jaringan usulan berbasis VLAN di Rumah Sakit Soedarsono Darmosoewito Batam, juga membuat simulasi dan rancangan jaringan usulan menggunakan Cisco Packet Tracer.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu infrastruktur jaringan menggunakan topologi STAR - BUS, untuk memudahkan mencari gangguan, dan memudahkan menambah/ mengurangi perangkat. Penerapan teknologi VLAN akan mempermudah peengelolaan jika terjadi perubahan-perubahan yang terjadi pada jaringan ini.

References

Anonim. (2003). Konsep Jaringan Komputer dan Pengembangannya. Salemba Infotek.
Firmansyah. (2015). Analisis dan Perancangan Virtual Local Area Network (VLAN) dengan IPv6 menggungakan Simulasi Packet Tracer 6.1.1. TA/05 035 .
Lammle, T. (2004). CCNA. In Cisco Certifief Network Associate. Sybex.
Laudon.C, Jane Laudon, Kenneth . (2004). Management Information Systems.
Risnanta, R. A. (2017). Analisis dan Perancangan Jaringan Komputer Berbasis VLAN Studi Kasus di Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY. TA/05 059 .
Sofana, I. (2013). Manajemen Jaringan Komputer. bandung: informatika bandung.
Syarif, A. (2016). Perancangan Jaringan untuk Supporting Integrasi data Disabilitas di Daerah Istimewa Yogyakarta menggunakan Aplikasi Cisco Packet Tracer. TA/05 060 .
Wijaya, H. (2004). Belajar Sendiri Cisco Router Edisi Baru Untuk Mengambil Sertifikasi CCNA (640-801). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2019-07-08

Issue

Section

Articles