ANALISIS KUALITAS JARINGAN WLAN BERDASARKAN JARAK

Authors

  • Joddie Meybie
  • Joko Triyono

Keywords:

Wireles, Qos, TIPHON, Acces Point, TP-Link

Abstract

Permasalahan yang utama dalam kinerja jaringan nirkabel teletak pada physical link dan paling berpengaruh adalah kondisi fisik seperti jarak karena semakin lemah radio frekuensi yang dapat di terima dan menjadikan akses ke jaringan lambat.                         Dalam membangun jaringan wireless saat ini harus diketahui teknologi apakah yang dapat digunakan untuk mendapatkan koneksi jaringan wireless yang stabil dan mampu untuk memenuhi kebutuhan user atau pemakai. Cara yang dapat digunakan untuk mengetahui teknologi apa yang dapat digunakan untuk melancarkan arus informasi melalui media jaringan wireless, adalah dengan melakukan analisis terhadap kualitas jaringan berdasarkan kualitas sinyal bar.    Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, motode studi literatur. Analisis yang dilakukan dengan mengukur parameter Quality of Service (Qos) delay, troughput dan packet loss pada acces point TP-LINK WA801ND dan dilakukan standarisasi berdasarkan Telecommunications and Internet Protocol. Harmonization Over Networks (TIPHON) . Penyusunan meliputi dengan prosedur antara identifikasi masalah, analisis kebutuhan, perancangan jaringan. sedangkan pengujian dilakukan dengan menggunakan CMD( Command Promt) dan Aplkasi WireShark.

References

Romadhon. (2014). Analisis kinerja jaringan wireless dengan menggunakan metode QoS dan RMA pada PT Pertamina RP Ubep Ramba (persero). Universitas Binadharma. Palembang.
Alfiansyah Shulkhan M, (2017). Analisis Kinerja Jaringan Wireless Access Point Frequensi 2.4 Ghz Terhadap Interferensi Sinyal. Yogyakarta: IST Akprind.
D. L. A. Putra and Ahmad. S. KH, “Analisa Kinerja Implementasi Wireless Distribution System Pada Perangkat Access Point 802 . 11 G,” J. Ilm. Politek. Elektron. Inst. Teknol. Sepuluh Nop., pp. 1–6, 2011.

Downloads

Published

2020-01-03