“COLOR PEN” (ALAT BANTU BACA WARNA BAGI PENYANDANG TUNANETRA)

Authors

  • Jati Ismawan

Keywords:

Tunanetra

Abstract

Setiap manusia pasti menginginkan kondisi atau keadaan fisik yang normal. Namun kenyataan menjadi berbeda ketika terdapat keterbatasan fisik yang tidak dapat dihindari seperti keterbatasan dalam hal melihat atau sering disebut tunanetra. Mata adalah indera yang mempunyai peranan paling penting dibanding dengan indera lainnya karena selama mata terjaga maka dapat membantu manusia untuk beraktivitas. Terganggunya indera penglihatan seseorang akan kehilangan fungsi kemampuan visualnya untuk merekam objek dan peristiwa fisik yang ada dilingkungannya. Orang yang mengalami tunanetra tidak dapat menjalani kehidupan sesuai dengan keadaan lingkungan dan keinginan yang mereka harapkan. Sama halnya dengan orang normal, penyandang tunanetra juga memerlukan keinginan untuk dapat hidup mandiri walaupun dengan segala keterbatasan yang dimiliki. Seorang tunanetra pun dapat menemukan makna hidup jika dalam hidupnya mampu menyikapi keterbatasannya. Hidup tetap memiliki makna dalam setiap situasi, bahkan dalam penderitaan dan kepedihan sekalipun. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka upaya pemenuhan hak bagi penyandang cacat harus terus dilakukan, antara lain dengan membuat peralatan yang dapat membantu aktivitas kegiatan sehari-hari. Maka dari itu terciptalah suatu gagasan tertulis untuk mengahadapi masalah di atas. Dengan memanfaatkan peralatan elektronis yang tidak berbahaya kami membuat suatu peralatan yang dapat membantu penyandang tunanetra untuk dapat mengetahui warna dari suatu benda, peralatan tersebut kami beri nama “COLOR PEN”. Color Pen ini sangat praktis karena dapat dibawa kemana saja dan mudah dalam pemakaiannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunadhi, Albert. 2002. Sensor Warna dengan Menggunakan Kamera Video Berbasis Komputer Pribadi. Jakarta.

Indrajaya, Ronald. 2002. Pembuatan Prototipe Alat Pencampur Cat Berbasis MCS-51. Surabaya.

Santosa, Budi Setiawan. 2007. Scanning Warna dengan TCS230 Color Sensor Pada Mesin Sortir. Yogyakarta.

Tim e-Technology Center. 2008. Penerapan Sensor Warna Dan Module Emic Text To Speech Pada Meet Identifier. Majalah Elkom Edisi Maret – April 2008 (pp 19 - 21). Bekasi Timur.

Wardhana. 2006. Belajar Sendiri Mikrokontroler Atmel AVR Seri ATMega8535 Simulasi, Hardware dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

_______, 2003, datasheet TCS230 programmable color light-to-frequency converter. TAOS Inc. (diakses tanggal 20 Januari 2011)

_______, 2010, datasheet emic text-to-speech module, Parallax Inc.
(diakses tanggal 20 Januari 2011)

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Ismawan, J. (2019). “COLOR PEN” (ALAT BANTU BACA WARNA BAGI PENYANDANG TUNANETRA). Jurnal Elektrikal, 1(1), 69–83. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2584