SISTEM PEMBELAJARAN KONTROL PID (PROPORSIONAL INTEGRAL DERIVATIF) PADA PENGATUR KECEPATAN MOTOR DC

Authors

  • Panji Saka Gilapasa
  • Sigit Priyambodo
  • Subandi Subandi

Keywords:

Kendali Automatik, Algoritma PID, Real-Time, Motor DC, Tanggap Transien

Abstract

Kendali automatik telah memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan ilmu dan teknologi. Penerapan sistem kendali mencakup bidang yang sangat luas termasuk kestabilan pesawat ruang angkasa, peluru kendali, sistem pengemudian pesawat, dan sebagainya. Karena kemajuan dalam teori dan praktek, kontrol automatik memberikan kemudahan dalam mendapatkan perfoma dari sistem dinamik, meningkatkan kualitas dan menurunkan biaya produksi sehingga meningkatkan laju produksi. Sehingga pemahaman yang baik dan mendalam di bidang sistem kendali menjadi suatu hal yang wajib bagi ilmuwan sekarang.

Penelitian ini, terfokus pada aplikasi salah satu jenis kendali otomatis yaitu kendali PID (Proportional, Integral, Derivative). Untuk mempermudah pemahaman konsep PID perlu dibuat sistem yang bisa menggambarkan set-point dan membaca nilai keadaan sesungguhnya dalam hal ini kecepatan motor secara real time. Yaitu dengan memanfaatkan user-interface yang dibuat dengan IDE Processing yang dihubungkan dengan Arduino sebagai pengolah data. Sedangkan untuk sistem hardwarenya sendiri telah dibuat prototype berupa kendali kecepatan motor DC.

Tujuan utama adalah untuk mempermudah pemahaman pengaruh parameter Proportional, Integral dan Derifative pada tanggapan transien suatu sistem. Baik buruknya, stabil tidaknya system kendali dapat dilihat dari nilai tanggapan transient yang berupa Steady state error, Rise time, Settling time, dan Overshoot.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[ 1 ] Baskoro, Dwi., 2009. Perancangan Pengendali Posisi Linier Untuk Motor DC dengan Menggunakan PID, Universitas Bina Nusantara, Jakarta.
[ 2 ] Benjamin, C. Kuo., 1975, Automatic Control Systems ( 3rd.ed.), Prentice-Hall Inc.
[ 3 ] Drian, D.N., 2013, Perancangan Sistem Kendali Pid Untuk Kecepatan Motor DC berbasis Mikrokontroler Atmega16, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta
[ 4 ] Hastra, M.R., 2010, Robot Penjejak Garis dengan Kendali PID, Skripsi Program Studi Teknik Industri,Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.
[ 5 ] Nugraha D, W., 2011, Pengendalian Robot Yang Memiliki Lima Derajat Kebebasan, Jurnal Ilmiah Foristek Vol.1, No. 1
[ 6 ] Ogata, Katsuhiko, 1997, Teknik Kontrol Automatik Jilid 1 Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta.
[ 7 ] Rifai, Isnan N., 2014, Penerapan Algoritma Kendali PID pada sistem real time untuk mempelajari tanggap Transien, Prosiding SENTIA Politeknik Negeri Malang, Malang.
[ 8 ] Wijanarko, A.P., 2009, Simulasi Speedometer dan. Odometer Digital Berbasis Mikrokontroler ATMega8535, Universiats negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Gilapasa, P. S., Priyambodo, S., & Subandi, S. (2019). SISTEM PEMBELAJARAN KONTROL PID (PROPORSIONAL INTEGRAL DERIVATIF) PADA PENGATUR KECEPATAN MOTOR DC. Jurnal Elektrikal, 3(1), 72–77. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2483