Edukasi Parental Control Untuk Management Screentime
DOI:
https://doi.org/10.34151/dharma.v6i2.4494Keywords:
ScreenTime, Parental Control, PAUDAbstract
Penggunaan gadget yang berlebihan akan berdampak buruk bagi perkembangan anak terkhusus usia anak PAUD atau Pendidikan usian dini. Dari hasil quisioner pengabdian diperoleh salah satu permasalah yang dikeluhkan orang tua dan guru adalah bagaimana mengontrol penggunaan gadget pada anak. Salah satu pendekatan yang efektif adalah melalui parental control family link. Sehingga pada pengabdian ini dilaksanakan miniworkshop edukasi parental control untuk guru di TKIT Mekar Insani Minggiran. Adapun metode miniworkshop ini melalui 3 tahapan, diantaranya persiapn , pelaksanaan, dan evaluasi. Materi yang disampaikan meliputi bimbingan teknis tentang bagaimana instalasi, konektifitas perangkat dan setting pada family link untuk management screentime anak. Hasil dari pelatihan menunjukan sebanyak 60% peserta mengalami peningkatan pengetahuan management screen time menggunakan family link.