Edukasi Parental Control Untuk Management Screentime

Authors

  • arita witanti Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Triana N.E.D Soeharto Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34151/dharma.v6i2.4494

Keywords:

ScreenTime, Parental Control, PAUD

Abstract

 Penggunaan gadget yang berlebihan akan berdampak buruk bagi perkembangan anak terkhusus usia anak PAUD atau Pendidikan usian dini. Dari hasil quisioner pengabdian diperoleh salah satu permasalah yang dikeluhkan orang tua dan guru adalah bagaimana mengontrol penggunaan gadget pada anak. Salah satu pendekatan yang efektif adalah melalui parental control family link. Sehingga pada pengabdian ini dilaksanakan miniworkshop edukasi parental control untuk guru di TKIT Mekar Insani Minggiran. Adapun metode miniworkshop ini melalui 3 tahapan, diantaranya persiapn , pelaksanaan, dan evaluasi. Materi yang disampaikan meliputi bimbingan teknis tentang bagaimana instalasi, konektifitas perangkat dan setting pada family link untuk management screentime anak. Hasil dari pelatihan menunjukan sebanyak 60% peserta mengalami peningkatan pengetahuan management screen time menggunakan family link.

Downloads

Published

2023-10-27

How to Cite

witanti, arita, & Soeharto, T. N. (2023). Edukasi Parental Control Untuk Management Screentime . DHARMA BAKTI, 6(2), 160–167. https://doi.org/10.34151/dharma.v6i2.4494