ANALISIS KEPUASAN LULUSAN BARU TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOYAKARTA MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVICE QUALITY

Wisudawan Periode III TA. 2018/2019

Authors

  • Maria Titah Jatipaningrum Jurusan Statistika, Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta, Indonesia
  • Lidwin Serostiana Koa Jurusan Statistika, Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Fuzzy Servqual, Persepsi, Harapan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Semakin ketatnya persaingan serta pelanggan yang semakin selektif dan berpengetahuan mengharuskan sebuah perguruan tinggi untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanannya  Tujuan penelitian ini, mengkaji 3 permasalahan yaitu mengetahui kinerja penyelenggaraan pendidikan, mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa lulusan baru dan mengetahui kualitas pelayanan yang selama ini diberikan dengan harapan lulusan baru di Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Pendekatan Fuzzy Servqual memungkinkan untuk merepresentasikan ketidakpastian yang berhubungan dengan aspek-aspek penjaminan mutu yang ada yang meliputi aspek-aspek berikut: Akademik, Fasilitas, Layanan, Peningkatan Kompetensi (Pembinaan Softskill). Dari hasil perhitungan menggunakan Fuzzy Servqual  tingkat kesesuaiaan antara kinerja / kepuasan dengan kepentingan di IST AKPRIND Yogyakarta memiliki nilai di bawah 100%  dengan nilai rata – rata sebesar 57,36%  yang berkisar antara  59% - 88,5%. Dan pada nilai Gap per dimensi yang paking rendah yaitu aspek Tangibles (Fasilitas) dengan nilai Gap yang diperoleh yaitu -51,0821.  Pengujian indek kepuasan konsumen (CSI) indek kepuasan  konsumen (mahasiswa) di IST AKPRIND Yogyakarta sebesar 11,53%  yang masuk dalam kategori tidak  puas. Atau atribut atribut kualitas jasa yang diberikan oleh IST AKPRIND Yogyakarta hanya memberikan pengaruh 11,53% terhadap kepuasan mahasiswa (peserta didiknya).

Downloads

Published

2022-01-17