ANALISIS KEPUASAN LULUSAN BARU TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOYAKARTA MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVICE QUALITY
Wisudawan Periode III TA. 2018/2019
Keywords:
Fuzzy Servqual, Persepsi, Harapan, Kepuasan PelangganAbstract
Semakin ketatnya persaingan serta pelanggan yang semakin selektif dan berpengetahuan mengharuskan sebuah perguruan tinggi untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanannya Tujuan penelitian ini, mengkaji 3 permasalahan yaitu mengetahui kinerja penyelenggaraan pendidikan, mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa lulusan baru dan mengetahui kualitas pelayanan yang selama ini diberikan dengan harapan lulusan baru di Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Pendekatan Fuzzy Servqual memungkinkan untuk merepresentasikan ketidakpastian yang berhubungan dengan aspek-aspek penjaminan mutu yang ada yang meliputi aspek-aspek berikut: Akademik, Fasilitas, Layanan, Peningkatan Kompetensi (Pembinaan Softskill). Dari hasil perhitungan menggunakan Fuzzy Servqual tingkat kesesuaiaan antara kinerja / kepuasan dengan kepentingan di IST AKPRIND Yogyakarta memiliki nilai di bawah 100% dengan nilai rata – rata sebesar 57,36% yang berkisar antara 59% - 88,5%. Dan pada nilai Gap per dimensi yang paking rendah yaitu aspek Tangibles (Fasilitas) dengan nilai Gap yang diperoleh yaitu -51,0821. Pengujian indek kepuasan konsumen (CSI) indek kepuasan konsumen (mahasiswa) di IST AKPRIND Yogyakarta sebesar 11,53% yang masuk dalam kategori tidak puas. Atau atribut atribut kualitas jasa yang diberikan oleh IST AKPRIND Yogyakarta hanya memberikan pengaruh 11,53% terhadap kepuasan mahasiswa (peserta didiknya).