PENGARUH VOLUME ZAT ADITIF DAN WAKTU PENGADUKAN PADA PEMBUATAN CAT TEMBOK BERAROMA DARI BUAH JERUK

Authors

  • Abdul Kadir Jailani Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Bambang Kusmartono Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34151/jip.v8i1.4444

Keywords:

cat tembok, aditif, kualitas cat tembok, waktu pengadukan

Abstract

Cat merupakan suatu cairan yang dipakai untuk melapisi permukaan suatu bahan dengan tujuan memperindah, memperkuat, atau melindungi bahan tersebut. Kompoen penyusun cat adalah pigmen, binder, pelarut, dan zat aditif. Cat biasanya menggunakan perekat polimer. Cat dapat dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan jenis substratnya yaitu cat besi, cat kayu, cat tembok dan lain-lain. Saat ini cat tembok  yang diproduksi oleh industri cat merupakan  campuran bahan dasar dari pelarut zat kimia dan juga pewarna dari pigmen zat kimia, sehingga mengeluarkan bau yang menyengat  saat  pengecatan. Pada umumnya aroma cat senantiasa sama dan serupa, untuk itu pada penelitian ini dilakukankan inovasi untuk membuat salah satu cat tembok yang  beraroma dari buah jeruk.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan pewangi (zat additif)  dengan volume (1, 1.5, 2, 2.5, 3) mL dan waktu pengadukan (10, 15, 20, 25, 30) menit  pada 1200 rpm. Untuk mengetahui komposisi bahan penyusun pembuatan cat tembok yang tepat agar diperoleh cat dengan kualitas yang sesuai standar SNI.  Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa menentukan volume zat aditif (pewangi) yang tepat terhadap kualitas cat tembok yang  dapat memenuhi standar SNI adalah 2 mL. Kondisi optimum dalam kecepatan pengadukan didapatkan pada waktu 25 menit.

References

Anisa, Muthi. 2011. Studi Pemanfaatan Gambir ( Uncaria gambir Roxb.) dalam Pembuatan Cat Alami. Jurusan Teknik Pertanian Institut Pertanian Bogor. Bogor.

AOAC. 1995. Official Method of Analysis. Washington: Association of Official Analytical Chemists.

ASTM D 1475. Standard Test Method For Density of Liquid Coatings, Inks, and Related Products. Philadelphia : American Society for Testing and Materials.

Badan Standarisasi Nasional. 2009. SNI 3564 -2009. Persyaratan Umum pada Cat. Jakarta : Badan Standarisasi Nasional.

Novrianti, W. 2015. Pembuatan Cat Besi dari Getah Karet Menggunakan Pelarut Solar dan CPO dengan Warna Alami dari Ekstrak Pandan. Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Sriwijaya. Palembang.

Pertiwi, P.R . 2015. Pembuatan Cat Tembok dari Getah Karet Menggunakan Pewarna Alami Ekstrak Kulit Manggis. Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Sriwijaya. Palembang.

Semadi, A.N. dan Wartini, M. 2005. Senyawa Aroma dan Citarasa dari Rempah-rempah dan Herbal 3. http://staff.unud.ac.id. Diunduh 30 Maret 2018

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Kadir Jailani, A. ., & Kusmartono, B. . (2023). PENGARUH VOLUME ZAT ADITIF DAN WAKTU PENGADUKAN PADA PEMBUATAN CAT TEMBOK BERAROMA DARI BUAH JERUK. Jurnal Inovasi Proses, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.34151/jip.v8i1.4444

Issue

Section

Articles