PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI PATI UMBI GANYONG MENGGUNAKAN PLASTICIZER GLISERIN DAN KARAGENAN (Variasi Perbandingan Massa Karagenan dan Volume Gliserin dengan Massa Pati)

Authors

  • Firman Ardyansyah Jurusan Teknik Kimia,Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Murni Yuniwati Jurusan Teknik Kimia,Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Plastik, Pati, Ubi ganyong, biodegradable

Abstract

Limbah plastik yang semakin meningkat menimbulkan permasalahan yang cukup serius bagi masarakat. Hal ini dapat ditanggulangi, dengan berbagai upaya, salah satunya dengan menggantikan penggunaan plastik konvensional dengan plastik biodegradable. Plastik biodegradable sudah banyak diproduksi, namun kekuatannya masih sangat kurang dibanding dengan plastik konvensional. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam pembuatan plastik biodegradable yang lebih kuat.

Penelitian ini dilakukan untuk memanfaatkan umbi ganyong sebagai bahan baku pembuatan plastik biodegradable dan karagenan. Plastik biodegradable dari umbi ganyong dibuat dengan melarutkan 4 gram pati umbi ke dalam 70 ml aquades, serta ditambahkan karagenan dan gliserin dengan perbandingan yang divariasikan. Campuran ditambahkan 5 ml asam asetat 5% pada saat suhu 70ºC. Kemudian campuran dipanaskan pada suhu 75-85ºC sambil dilakukan pengadukan dengan kecepatan 300 rpm selama 50 menit. Analisis hasil meliputi uji kadar pati, uji kadar air pada pati, uji kuat tarik), dan uji biodegradasi, dan uji FTIR.

Hasil uji kadar pati diperoleh rendemen sebesar 6 %. Hasil uji kadar air pada pati yaitu 10,38 %. Dengan menggunakan suhu 75-85ºC, pati 4 gram, aquades 70ml,dan asam asetat 5% 5ml, kecepatan pengadukan 300rpm, dan waktu 50 menit, plastik dengan kuat tarik terbesar diperoleh dengan menggunakan perbandingan massa karagenan dengan pati 0,05 dan perbandingan volume gliserin dengan massa pati 0,25. Dengan kondisi tersebut diperoleh produk plastik biodegrdable dengan nilai kuat tarik 3,3369 MPa dan elongation 13,5124 %. Pengujian biodegradasi menggunakan larutan EM-4 plastik biodegradable dapat terurai setelah 37 hari, sehingga masih bersifat ramah lingkungan. Pengujian FTIR (Fourier Transform Infra Red) terdapat gugus fungsi berupa O-H alkohol fenol, C=O senyawa karbonil, C-O senyawa ester, N-H amida dan amina dan C≡C alkuna, sehingga bahan tersebut mudah terdegradasi.

Published

2021-03-01

How to Cite

Firman Ardyansyah, & Murni Yuniwati. (2021). PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI PATI UMBI GANYONG MENGGUNAKAN PLASTICIZER GLISERIN DAN KARAGENAN (Variasi Perbandingan Massa Karagenan dan Volume Gliserin dengan Massa Pati). Jurnal Inovasi Proses, 6(1), 20–28. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/JIP/article/view/3740

Issue

Section

Articles