PEMBUATAN KITOSAN DARI LIMBAH SISIK IKAN (Variabel Suhu Ekstaksi dan Volume NaOH)

Authors

  • Dian Indah Pratiwi Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Ani Purwanti Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Demineralisasi, deproteinasi, deasetilasi, kitin, kitosan, derajat deasetilasi

Abstract

Sisik ikan merupakan limbah yang belum dimanfaatkan dengan optimal, selama ini sisik ikan dimanfaatkan sebagai sumber kolagen. Sisik ikan (kering) memiliki kadar air 9,00%, kadar protein 25,81% dan kadar lemak 7,64%.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi sisik ikan sebagai bahan baku dalam pembuatan kitosan.

Pembuatan kitosan dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap deproteinasi untuk menghilangkan protein yang terkandung dalam sisik ikan, tahap demineralisasi untuk menghilangkan mineral yang terkandung dalam sisik ikan dan tahap deasetilasi untuk menghilangkan gugus asetil yang terdapat dalam kitin.  Bahan baku yang berupa sisik ikan dikeringkan dibawah sinar matahari dan disangrai kemudian ditimbang sebanyak 95,00 g dan diekstraksi dengan larutan NaOH 5% dengan suhu operasi 65°C selama 2 jam. Selanjutnya dilakukan proses demineralisasi dengan menggunakan larutan HCl 0,5N, sehingga diperoleh kitin. Proses selanjutnya yaitu deasetilasi dengan memvariasikan suhu ekstraksi dan volume larutan NaOH, kitin sebanyak 10 g diekstraksi menggunakan larutan NaOH 40%  50 mL dengan waktu ekstraksi 1 jam, dengan menvariasikan suhu ekstraksi proses selanjutnya dilakukan ekstraksi dengan menvariasikan volume larutan NaOH. Kitosan yang dihasilkan dianalisis derajat deasetilasinya dengan FTIR (Fourier Transform Infra Red).

Hasil penelitian dengan variasi suhu ekstraksi dan volume larutan NaOH 40% menunjukkan bahwa derajat deasetilasi kitosan tertinggi pada variasi suhu ekstraksi sebesar 77,21% sedangkan pada variasi penambahan volume NaOH sebesar 87,60% yang didapat dari proses deasetilasi menggunakan suhu 90°C dengan waktu pemanasan 2 jam.

Published

2021-03-01

How to Cite

Dian Indah Pratiwi, & Ani Purwanti. (2021). PEMBUATAN KITOSAN DARI LIMBAH SISIK IKAN (Variabel Suhu Ekstaksi dan Volume NaOH). Jurnal Inovasi Proses, 6(1), 13–19. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/JIP/article/view/3739

Issue

Section

Articles