OPTIMASI PROSES PEMBUATAN EDIBLE FILM DARI TAPIOKA DAN PEKTIN AMPAS JERUK SIAM (Variabel Suhudan Waktu Proses)

Authors

  • Aditiya Prasetya Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Ganjar Andaka Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Edible Film, tapioka, pektin ampas jeruk siam, kuat tarik, pemuluran

Abstract

Limbah plastik semakin meningkat jumlahnya seiring bertambah penggunaannya, sehingga menimbulkan permasalahan serius.Untuk itu perlu dilakukan antisipasi dengan berbagai upaya untuk menanggulangi limbah plastik. Salah satunya dengan menggantikan plastik konvensional  dengan plastik biodegradable.Sebelumnya plastik biodegradable telah dibuat, namun kekuatannya masih sangat kurang.Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam pembuatan plastik biodegradable.

Plastik biodegradable atau edible film dalam penelitian ini dibuat dari tapioka dan pektin ampas jeruk siam,  dan sebagai penguatnya memanfaatkan gliserin (gliserol). Penelitian ini dilakukan dengan variabel suhu dan waktu proses terhadap nilai kuat tarik dan pemuluran plastik untuk mengetahui kondisi optimal agar dapat dihasilkan plastik biodegradable dengan kualitas yang baik. Tahapan dalam proses pembuatannya meliputi pembuatan bubuk ampas jeruk siam, tahap ekstraksi pektin ampas jeruk siam, analisis gugus pektin ampas jeruk siam dengan FTIR, pembuatanedible film.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan,pada variable suhu proses dengan menggunakan tapioka 4 gram, pektin 0,8 gram, CaSO4 0,0004 gram, volume gliserol 0,8 mL, kecepatan pengadukan 700 rpm, volume pelarut aquades 150 mL, dan waktu 15 menit,diperoleh kondisi optimal terhadap kuat tarik dan pemuluranedible film pada suhu 85oCdengan nilai kuat tarik 3,13MPa dan pemuluran 26,37%. Pada variable waktu proses dengan menggunakan tapioka 4 gram, pektin 0,8 gram, CaSO4 0,0004 gram, volume gliserol 0,8 mL, kecepatan pengadukan 700 rpm, volume pelarut aquades 150 mL, dan suhu proses 85oC diperoleh kondisi optimal terhadap kuat tarik dan pemuluran edible film pada waktu proses 14 menitdengan nilai kuat tarik 2,47MPa dan pemuluran 29,66%.

Published

2021-12-20

How to Cite

Aditiya Prasetya, & Ganjar Andaka. (2021). OPTIMASI PROSES PEMBUATAN EDIBLE FILM DARI TAPIOKA DAN PEKTIN AMPAS JERUK SIAM (Variabel Suhudan Waktu Proses). Jurnal Inovasi Proses, 6(1), 1–7. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/JIP/article/view/3737

Issue

Section

Articles