PELAPISAN KITOSAN PADA BUAH TOMAT (Solanum Lycopersicum syn. Lycopersicum Esculentum) SEBAGAI UPAYA MEMPERPANJANG UMUR SIMPAN

Authors

  • Rizki Amelia Dewanti Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Tomat

Abstract

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) yaitu merupakan tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Buah dan sayuran umumnya tidak bisa bertahan lama disimpan, begitupun dengan tomat yang rentan akan kerusakan dan masalah lain yang sering timbul pada tomat. Untuk memperpanjang umur simpan dan menjaga kesegaran produk buah – buahan dapat digunakan selaput pelindung (coating) pada kulit buah.

Penelitian ini dilakukan dengan cara tomat segar dilapisi kitosan yang telah dilarutkan dalam asam asetat 1% dengan berbagai variasi konsentrasi kitosan 0%, 0,5%, 1%, 1,5%, dan 2% serta dengan variasi waktu pencelupan 5 menit, 10 menit, dan 15 menit. Hasil dari percobaan ini dianalisa dengan laju pengeringan, susut bobot dan total plate count (TPC).

Pada percobaan ini diperoleh hasil berdasarkan perlakuan pelapisan kitosan variasi konsentrasi pencelupan pada konsentrasi 2% dan variasi waktu pencelupan pada waktu 15 menit. Data diperoleh dengan analisa susut bobot, laju pengeringan dan total plate count (TPC).

Downloads

Published

2019-09-02

How to Cite

Dewanti, R. A. (2019). PELAPISAN KITOSAN PADA BUAH TOMAT (Solanum Lycopersicum syn. Lycopersicum Esculentum) SEBAGAI UPAYA MEMPERPANJANG UMUR SIMPAN. Jurnal Inovasi Proses, 1(2), 92–97. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/JIP/article/view/2729