PEMBUATAN KITOSAN DARI LIMBAH SISIK IKAN (Variabel Konsentrasi Larutan NaOH dan Waktu Ekstraksi)

Authors

  • Novita Susanti Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Ani Purwanti Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

deproteinasi, demineralisasi, deasetilasi, kitin, kitosan, derajat deasetilasi

Abstract

Sisik ikan merupakan limbah yang belum dimanfaatkan dengan optimal, selama ini sisik ikan dimanfaatkan sebagai sumber kolagen. Sisik ikan kering memiliki kadar air 9,00%, kadar protein 25,81% dan kadar lemak 7,64%.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi sisik ikan sebagai bahan baku dalam pembuatan kitosan.

Pembuatan kitosan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap deproteinasi untuk menghilangkan protein yang terkandung dalam sisik ikan, tahap demineralisasi untuk menghilangkan mineral yang terkandung dalam sisik ikan, dan tahap deasetilasi untuk menghilangkan gugus asetil yang terdapat dalam kitin dan membentuk kitosan. Bahan baku berupa sisik ikan yang telah dikeringkan dibawah sinar matahari dan disangrai, ditimbang sebanyak 95,00 g kemudian diekstraksi dengan menggunakan larutan NaOH 5% selama 2 jam dengan suhu operasi 65°C dan dilanjutkan proses demineralisasi dengan menggunakan larutan HCl 0,5N selama 30 menit sehingga diperoleh kitin. Proses selanjutnya yaitu deasetilasi dengan memvariasikan konsentrasi larutan NaOH dan waktu ekstraksi. Kitin sebanyak 10 g diekstraksi menggunakan larutan NaOH 10%  50 mL dengan waktu ekstraksi 2 jam. Dengan menvariasikan konsentrasi larutan NaOH. Proses selanjutnya dilakukan ekstraksi dengan memvariasikan waktu ekstraksi. Kitosan yang dihasilkan dari proses ini dianalisis derajat deasetilasinya dengan FTIR (Fourier Transform Infra Red).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa derajat deasetilasi kitosan tertinggi pada variasi konsentrasi larutan NaOH 40% sebesar 87,28%, sedangkan pada variasi waktu ekstraksi sebesar 86,31 % yang didapat dari proses deasetilasi menggunakan suhu 90°C dengan waktu pemanasan 2 jam.

Downloads

Published

2020-03-01

How to Cite

Susanti, N., & Purwanti, A. (2020). PEMBUATAN KITOSAN DARI LIMBAH SISIK IKAN (Variabel Konsentrasi Larutan NaOH dan Waktu Ekstraksi). Jurnal Inovasi Proses, 5(1), 40–45. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/JIP/article/view/2721

Issue

Section

Articles