Pembuatan Nitroselulosa Dari Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria) (Variabel Waktu Nitrasi dan Rasio Asam Penitrasi)

Authors

  • Mun Faiq Farhanudin Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Bambang Kusmartono Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Nitroselulosa, Tanaman lidah mertua, Waktu nitrasi, Rasio asam penitrasi

Abstract

Dewasa ini maraknya isu tentang tanaman lidah mertua menjadi tren masyarakat Indonesia yang sedang digemari. Tanaman lidah mertua selain sebagai tanaman hias juga dikenal sebagai tanaman yang mengandung serat yang cukup tinggi. Dengan kadar serat yang tinggi, tanaman lidah mertua dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan nitroselulosa. Nitroselulosa dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar plastik, lacquer (bahan pelapis), film, bahan dasar semen, bahan baku propelan (peledak) dan smokless powder.

            Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari proses nitrasi selulosa pada tanaman lidah mertua menjadi nitroselulosa. Selain itu juga bertujuan untuk mempelajari kondisi yang optimum pada proses nitrasi tanaman lidah mertua untuk menghasilkan nitroselulosa dengan kadar nitrogen yang tinggi. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahapan, yaitu proses pre-treatment dan proses nitrasi. Proses pre-treatment bertujuan untuk meningkatkan kadar α-selulosa dalam bahan baku, melalui proses pre-hidrolisis, delignifikasi, dan bleaching. Sedangkan proses nitrasi menggunakan asam campuran yang terdiri dari asam nitrat dan asam sulfat sebagai katalisator. Pada penelitian ini dipelajari pengaruh waktu reaksi, dan perbandingan asam sulfat dengan asam nitrat.

            Hasil penelitian menunjukkan proses nitrasi yang memberikan hasil terbaik pada waktu reaksi 90 menit, perbandingan asam sulfat terhadap asam nitrat 7:3. Pada kondisi ini diperoleh  yield  sebanyak 76,6% dengan kandungan nitrogen sebesar 11,6%  dan termasuk dalam kualitas AM grades serta di bidang industri dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar film dan lacquer. Hasil uji FTIR menunjukkan bahwa telah terbentuk dua serapan gugus -NO2 pada nitroselulosa, sehingga termasuk dalam jenis selulosa di-nitrat.

Downloads

Published

2020-03-01

How to Cite

Farhanudin, M. F., & Kusmartono, B. (2020). Pembuatan Nitroselulosa Dari Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria) (Variabel Waktu Nitrasi dan Rasio Asam Penitrasi). Jurnal Inovasi Proses, 5(1), 33–39. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/JIP/article/view/2715

Issue

Section

Articles