Pirolisis Limbah Pangkal Bambu Menjadi Karbon Aktif dan Asap Cair Menggunakan Zat Aktivator Asam Phosfat (H3PO4) (Variabel Lama Waktu Perendaman dan Variabel Suhu)

Authors

  • Rahmat Ashary Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Sumarni - Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

pangkal bambu, pirolisis, karbon aktif, asam phosfat

Abstract

Pohon bambu memiliki banyak kegunaan termasuk pangkal bambu yang merupakan limbah dan tidak digunakan. Dengan berkembangnya teknologi terutama di bidang teknik kimia, pangkal bambu dapat diolah dengan  pirolisis agar diperoleh bahan yang lebih bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan karbon aktif dan kegunaanya serta mengetahui kualitas daya adsorbsi karbon aktif dari pangkal bambu terhadap variabel-variabel yang mempengaruhi.

Proses pembuatan karbon aktif dilakukan dengan pirolisis, yaitu pemanasan, pembakaran tanpa terjadi kontak dengan udara luar. Limbah pangkal bambu dengan kadar air sebesar 6,1% direndam dalam zat aktivator H3PO4 dengan konsentrasi 12% selama 24 jam lalu ditiriskan 1 hari kemudian di pirolisis. Karbon hasil pirolisis selanjutnya direndam kembali dalam zat aktivator H3PO4 dengan variasi lama waktu perendaman dan variasi suhu pirolisis, Selanjutnya limbah pangkal bambu ditiriskan pada suhu kamar selama 1 hari kemudian di oven untuk mencari berat konstan. Karbon aktif kemudian dikeluarkan dan ditimang untuk mengetahui % hasil karbon aktif dan daya adsorbsinya atau keaktifannya.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan dua variabel yang berbeda didapatkan hasil terbaik pada variabel kedua dengan kondisi proses pirolisis dengan suhu 450ºC, waktu pirolisis 75 menit, konsentrasi asam 12% dan dilakukan dua kali perendaman (sebelum dan sesudah pirolisis) selama 24 jam diperoleh keaktifan karbon aktif 487,296 mg/g dan hasil karbon aktif sebesar 27,73% dan hasil asap cair 56 mL. Keaktifan karbon tersebut masih dibawah standar yang ada di pasaran yaitu 750 mg/g  (SNI 06–3730-1995).

Downloads

Published

2019-09-02

How to Cite

Ashary, R., & -, S. (2019). Pirolisis Limbah Pangkal Bambu Menjadi Karbon Aktif dan Asap Cair Menggunakan Zat Aktivator Asam Phosfat (H3PO4) (Variabel Lama Waktu Perendaman dan Variabel Suhu). Jurnal Inovasi Proses, 4(2), 70–74. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/JIP/article/view/2108