PEMBUATAN REGULAR PORTLAND SEMEN DARI CAMPURAN ABU VULKANIK GUNUNG MERAPI DAN BATUAN KAPUR (DARI JUWANGI DAN GUNUNG KIDUL)

Authors

  • Agung Sih Damayanti Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Happy Kartika Windu Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Ganjar Andaka Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

abu vulkanik Gunung Merapi, kapur, Semen portland

Abstract

Semen Portland merupakan bahan yang umum dipakai dalam pekerjaan konstruksi, proses pembuatannya antara lain dengan mencampurkan bahan – bahan yang bersifat silika, kapur dan beberapa bahan lain seperti clay, abu, dan pasir besi ke dalam sebuah kiln atau tungku pemanas pada suatu suhu tertentu sampai terbentuk bahan yang apabila dicampur dengan air dapat mengeras.

Komposisi bahan utama yang umum digunakan dalam pembuatan semen portland adalah batu kapur, abu, dan clay. Dalam penelitian ini hendak dicari seberapa jauh pemanfaatan batu kapur yang berasal dari Kecamatan Juwangi dan Gunung Kidul dengan dipadukan abu vulkanik Gunung Merapi untuk menghasilkan semen portland seperti yang umum ada di pasaran. Abu vulkanik Gunung Merapi sebagaimana umum diketahui memiliki kandungan SiO2 yang cukup tinggi yaitu 50-55% b/b, sehingga layak untuk diteliti lebih jauh tentang pemanfaatannya dalam pembuatan Semen Portland.

Penelitian ini diawali dengan melakukan analisa kimia dari bahan baku yang digunakan yaitu, batu kapur, abu vulkanik Gunung Merapi, clay, dan pasir besi. Semen yang dihasilkan kemudian dianalisa secara  kimia dan fisika untuk kemudian dibandingkan dengan hasil analisis kimia maupun fisika dari semen yang umum ada di pasaran. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa produk semen yang dihasilkan belum dapat memenuhi standar semen yang ada di pasaran baik dari hasil analisis kimia, fisika, maupun aplikasinya di lapangan.

Downloads

Published

2019-03-01

How to Cite

Damayanti, A. S., Windu, H. K., & Andaka, G. (2019). PEMBUATAN REGULAR PORTLAND SEMEN DARI CAMPURAN ABU VULKANIK GUNUNG MERAPI DAN BATUAN KAPUR (DARI JUWANGI DAN GUNUNG KIDUL). Jurnal Inovasi Proses, 1(1), 43–53. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/JIP/article/view/2029

Issue

Section

Articles