PENGARUH WAKTU FERMENTASI DAN JUMLAH RAGI TERHADAP PERSENTASE HASIL DALAM PEMBUATAN BIOETANOL DARI BUAH TALOK (KERSEN) MENGGUNAKAN RAGI TAPE DAN RAGI ROTI (Saccharomyces cerevisiae)

Authors

  • Nira Latifah Mukti Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Wulan Aryani Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Bioetanol, buah talok, ragi tape, fermentasi, Saccharomyces cerevisiae

Abstract

Bioetanol merupakan salah satu solusi untuk mengurangi eksploitasi energi fosil yang dihasilkan dari fermentasi biomassa.Pembuatan bioetanol dapat dilakukan terhadap tanaman berpati atau yang mengandung karbohidrat, glukosa dan selulosa, salah satunya adalah buah talok (kersen).Penggunaan buah talok dapat menambah ragam bahan dasar pembuatan bioetanol yang ekonomis dan mudah diperoleh.

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan bioetanol dari buah talok secara fermentasi menggunakan ragi tape dan ragi roti (Saccharomyces cerevisiae). Penentuan kondisi fermentasi optimum meliputi jumlah ragi dan waktu fermentasi. Tahapan dalam proses pembuatan bioetanol meliputi preparasi bahan (pembuatan sampel dan starter), fermentasi dengan menggunakan ragi tape dan ragi roti (Saccharomyces cerevisiae), distilasi dan pengujian produk secara kualitatif maupun kuantitatif.

Dengan menggunakan bahan baku buah talok dan air (perbandingan 2:1) sebanyak 95 mL dan penambahan NPK 0,03% dari gula dalam sampel, urea 0,08% dari gula dalam sampel, dan starter 10 mL diperoleh kondisi optimum pada waktu fermentasi selama 10 hari dengan penambahan ragi sebanyak 1,4 gram. Pada kondisi tersebut diperoleh persentase hasil sebesar 1,69% massa. Untuk bahan baku buah talok dan air (perbandingan 2:1) sebanyak 90 mL dan penambahan NPK 0,03% dari gula dalam sampel, urea 0,08% dari gula dalam sampel, dan starter 5ml diperoleh kondisi optimum fermentasi bioetanol dari buah talok menggunakan ragi Saccharomyces cerevisiae adalah 5 hari dan jumlah ragi sebanyak 0,4 gram. Pada kondisi tersebut  diperoleh persentase hasil sebesar 2,5113% massa.

Downloads

Published

2019-03-01

How to Cite

Mukti, N. L., & Aryani, W. (2019). PENGARUH WAKTU FERMENTASI DAN JUMLAH RAGI TERHADAP PERSENTASE HASIL DALAM PEMBUATAN BIOETANOL DARI BUAH TALOK (KERSEN) MENGGUNAKAN RAGI TAPE DAN RAGI ROTI (Saccharomyces cerevisiae). Jurnal Inovasi Proses, 1(1), 18–27. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/JIP/article/view/2026

Issue

Section

Articles