PEMBUATAN SERBUK PEWARNA ALAMI TEKSTIL DARI EKSTRAK DAUN JATI MUDA (TECTONA GRANDIS LINN. F.) METODE FOAM-MAT DRYING DENGAN PELARUT ETANOL

Authors

  • Harnanda Prawitasari Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Murni Yuniwati Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Antosianin, daun jati muda, foam-mat drying

Abstract

Antosianin merupakan zat warna yang berperan memberikan warna merah kecoklatan berpotensi menjadi pewarna alami untuk pangan dan  dapat  dijadikan  alternatif pengganti  pewarna  sintesis  yang lebih  aman  bagi  kesehatan.  Daun jati muda merupakan salah satu jenis bagian dari pohon jati yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber zat warna alami untuk tekstil dengan cara mengekstrak daunnya. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan serbuk warna dari ekstrak zat warna dari daun jati muda segar dengan metode foam-mat drying.

Penelitian ini digunakan daun jati muda segar berwarna  kecoklatan dengan pelarut etanol 95%massa. Pada awal proses, daun jati sebanyak 25 gram dihaluskan terlebih dahulu, kemudian dimasukkan ke dalam gelas beaker lalu dimaserasi menggunakan pelarut etanol 95%massa sebanyak 250 ml dan ditambahkan 10ml asam sitrat dari jumlah pelarut dengan konsentrasi yang divariasikan (3%,5%,10%,20% dan 30%)b/v selama 24 jam. Setelah itu disaring diambil fitratnya. Pembuatan serbuk dilakukan dengan metode foam-mat drying menggunakan putih telur ayam sebagai pembusa dan maltodekstrin sebagai zat pengisi. Filtrat ditambahkan meltodekstrin 8% b/v dan putih telur ayam dengan konsentrasi yang divariasikan (3%,5%,15%,20% dan 25%)b/v di mixer hingga homogen. Kemudian dilakukan pengeringan dengan oven pada suhu 60oC sampai tercapai bobot konstan.

Dengan menggunakan daun jati muda segar 25 gram, pelarut etanol 95%massa sebanyak 250 ml, dan maltodekstrin 8%b/v didapatkan kondisi optimal pada konsentrasi putih telur 5%b/v dan konsentrasi asam sitrat 30%b/v, dengan kondisi tersebut diperoleh hasil serbuk dengan kadar air 8%massa, kelarutan 99,22%b/v dengan tingkat kemerahan sebesar 16.625, tingkat kecerahan sebesar 43.495, dan tingkat kekuningan sebesar 5.925.

Downloads

Published

2019-03-01

How to Cite

Prawitasari, H., & Yuniwati, M. (2019). PEMBUATAN SERBUK PEWARNA ALAMI TEKSTIL DARI EKSTRAK DAUN JATI MUDA (TECTONA GRANDIS LINN. F.) METODE FOAM-MAT DRYING DENGAN PELARUT ETANOL. Jurnal Inovasi Proses, 4(1), 29–35. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/JIP/article/view/1941

Issue

Section

Articles