Pembuatan Biodiesel dari Minyak Dedak Padi (Rice Bran Oil) (Variabel Rasio Molar dan Berat KOH)

Authors

  • Yoyok Andrianto Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Ganjar Andaka Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

biodiesel, esterifikasi, transesterifikasi, minyak dedak padi

Abstract

Biodiesel merupakan bahan bakar dari minyak tumbuhan atau minyak hewan yang telah dikonversi menjadi bentuk metil ester asam lemak yang ramah lingkungan. Namun, belakangan ini isu tentang energi erat kaitannya dengan semakin menipisnya minyak bumi akibat pasokan bahan bakar fosil yang terbatas sementara permintaan energi terus meningkat, sehingga wacana untuk mengembangkan sumber energi terbarukan semakin banyak digulirkan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kondisi reaksi yang optimal dan kelayakan dari biodiesel yang dihasilkan dari bahan bakar. Salah satu potensi sebagai bahan baku biodiesel adalah minyak dedak padi yang direaksikan dengan metanol dan katalis KOH.

Metode pembuatan metil ester (biodiesel) dalam penelitian ini adalah esterifikasi kemudian dilanjutkan dengan transesterifikasi. Pada proses esterifikasi, minyak dedak ditambahkan dengan katalis H2SO4 96% sebanyak 3,15 mL kemudian dipanaskan dalam labu leher tiga selama 120 menit pada suhu 60°C dan diaduk dengan kecepatan 300 rpm. Variabel pada proses esterifikasi yaitu rasio molar minyak : metanol (0,7:8,5; 0,7:11,5; 0,7:14,5; 0,7:17,5; 0,7:20,5). Hasil reaksi berupa ester dari proses esterifikasi diambil untuk diproses tahap selanjutnya, yaitu proses transesterifikasi. Proses transesterifikasi dilakukan dengan menambahkan katalis KOH kristal 0,63 gram dan metanol pada cairan ester. Campuran kemudian dipanaskan pasa suhu 60°C dengan waktu reaksi yang divariasikan dengan katalis KOH dan diaduk dengan kecepatan 300 rpm.

Dari proses esterfikasi dengan kondisi proses yaitu rasio molar optimum minyak : metanol (0,7 : 8,5), suhu reaksi 60°C, dan pada variasi katalis KOH kecepatan pengadukan 300 rpm didapatkan metil ester sebanyak 76 mL.

Downloads

Published

2018-09-01

How to Cite

Andrianto, Y., & Andaka, G. (2018). Pembuatan Biodiesel dari Minyak Dedak Padi (Rice Bran Oil) (Variabel Rasio Molar dan Berat KOH). Jurnal Inovasi Proses, 3(2), 90–94. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/JIP/article/view/1869