PENGARUH SUHU DAN WAKTU TERHADAP KUAT TARIK PADA PROSES PEMBUATAN PLASTIK DARI GANAS (GADUNG DAN SERAT DAUN NANAS)

Authors

  • Ratih Handayani Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Murni Yuniwati Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Plastik, biodegradable, pati, serat, kuat tarik

Abstract

Limbah plastik yang semakin meningkat seiring bertambah penggunaannya, sehingga menimbulkan permasalahan serius, seharusnya dilakukan antisipasi dengan berbagai upaya untuk menanggulangi limbah plastik. Salah satunya dengan menggantikan penggunaan plastik konvensional  dengan plastik biodegradable.  Sebelumnya plastik biodegradable telah dibuat, namun kekuatannya masih sangat kurang. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam pembuatan plastik biodegradable.

Plastik Biodegradable dalam penelitian ini dibuat dari umbi gadung,  dan sebagai penguatnya memanfaatkan gliserin serta serat daun nanas. Penelitian ini dilakukan dengan variabel suhu proses dan waktu proses untuk mengetahui kondisi optimal agar dapat dihasilkan plastik biodegradable dengan kualitas yang baik. Tahapan dalam proses pembuatannya meliputi preparasi bahan (pembuatan tepung umbi gadung, dan pengambilan serat daun nanas), pencampuran bahan, penambahan asam cuka, aquadest, gliserin,  pencetakan dan  pengeringan plastik.

Berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukan dengan menggunakan kecepatan pengadukan 300 rpm, perbandingan bahan 10:1 (Pati gadung : serat daun nanas), volume pelarut asam asetat 1% 50 mL, volume aquades 50 mL, volume gliserin sebagai plastilizer 3 mL, tekanan 1 atm, variabel sudu dan waktu di variasikan. Diperoleh kondisi optimal untuk mendapatkan kuat tarik terbesar yaitu 3,8708 MPa dengan menggunakan suhu proses 80oC selama 90 menit. Bioplastik dari pati gadung dan serat daun nanas ini juga dapat terdegradasi dengan bantuan EM4 selama 15 hari, sehingga bioplastik pati umbi gadung adalah plastik yang dapat terdegradasi, terbukti dari hasil uji FT-IR yang menunjukkan adanya gugus karbonil (CO).

Downloads

Published

2018-03-01

How to Cite

Handayani, R., & Yuniwati, M. (2018). PENGARUH SUHU DAN WAKTU TERHADAP KUAT TARIK PADA PROSES PEMBUATAN PLASTIK DARI GANAS (GADUNG DAN SERAT DAUN NANAS). Jurnal Inovasi Proses, 3(1), 16–21. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/JIP/article/view/1351

Issue

Section

Articles