SHARING KNOWLEDGE SEWERAGE SYSTEM DALAM RANGKA EVALUASI SISTEM PENGOLAHAN LIMBAH DOMESTIK DI PT VICO INDONESIA

Authors

  • Sri Rahayu Gusmarwani Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

limbah, sewerage, sewerage treatment

Abstract

PT VICO Indonesia adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengeboran minyak. Salah satu fasilitas yang disediakan oleh PT VICO Indonesia untuk karyawannya adalah camp (mess) atau lingkungan perumahan. Didalam camp ini dikelola sekitar 300 pekerja yang menginap penyediaan air bersih sudah tersedia, tetapi teknologi penyediannya adalah teknologi lama sehingga perlu diperbaiki dan disempurnakan. Begitu pula dengan teknologi pengolahan limbah cair domestik (sewerage treatment) masih menggunakan teknologi lama tahun 70-an, sehingga perlu disesuaikan dengan teknologi dan peraturan terbaru yang berlaku.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat sharing knowledge dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pelatihan dengan menggunakan metode tutorial /ceramah yang disertai diskusi, tanya jawab, presentasi, pre-test, post-test, dan kunjungan lapangan. Kunjungan lapangan dilakukan di fasilitas instalasi selama masa on duty (back to back 2 minggu, 2 minggu bekerja 2 minggu libur). Salah satu kebutuhan pokok lingkungan camp adalah penyediaan air bersih dan pengelolaan limbah domestik. Fasilitas pengolahan limbah cair domestik (STP) untuk melihat dan mencermati kemungkinan apa saja yang dapat digunakan untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap teknologi yang digunakan.

Pelaksanaan sharing knowledge dilakukan di Gedung Human Resource Department PT VICO Indonesia, Muara Badak, Kalimantan Timur. Keberhasilan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat dilihat dari antusiasme peserta dalam mengikuti tutorial yang disampaikan selama kegiatan ini berlangsung dan dapat dilihat juga dari antusiasme pertanyaan yang diajukan. Evaluasi yang dilakukan terhadap keberhasilan pengabdian ini dapat dilihat dari pengetahuan peserta mengenai pengolahan limbah domestik melalui kegiatan pre-test dan post-test. Animo yang diberikan oleh peserta sangat besar, hal ini disebabkan tema yang diberikan sangat tepat karena peserta memang membutuhkan pengetahuan tentang cara-cara pengelolaan limbah domestik agar dapat melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap sistem pengolahan yang sudah ada.

Downloads

Published

2018-03-01

How to Cite

Gusmarwani, S. R. (2018). SHARING KNOWLEDGE SEWERAGE SYSTEM DALAM RANGKA EVALUASI SISTEM PENGOLAHAN LIMBAH DOMESTIK DI PT VICO INDONESIA. Jurnal Inovasi Proses, 3(1), 1–6. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/JIP/article/view/1348

Issue

Section

Articles