PEMANFAATAN SUSU KEDELAI MENJADI PRODUK MINUMAN SEHAT SOYGHURT BAGI WARGA DUSUN BLAWONG II, JETIS, KABUPATEN BANTUL

Authors

  • Dewi Wahyuningtyas Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

minuman sehat, soyghurt, susu kedelai, yoghurt, Dusun Blawong

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan dosen di Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. dilaksanakan pada hari Sabtu, pada tahun 2017 dengan sasaran warga masyarakat di Dusun Blawong II, Desa Trimulyo, Jetis, Bantul. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan berupa “Pembuatan Yoghurt dari Susu Kedelai dengan Cara Penambahan Starter”. Tujuan kegiatan adalah memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi peserta warga tentang pembuatan minuman sehat berupa “Yogurt” dengan bahan susu kedelai. Tempat kegiatan dilakukan di Dusun Blawong II, Desa Trimulyo, Jetis, Bantul. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan yaitu 15 warga setempat dan 5 peserta KKN.

Kegiatan pelatihan ini diawali dengan presentasi materi tentang manfaat minuman sehat soyghurt bagi kesehatan dan kandungan gizi di dalamnya. Yogurt merupakan susu dari fermentasi bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus yang bermanfaat bagi tubuh dan dijual di pasar dengan harga beragam. Dari manfaat tersebut, pemateri menyampaikan alternatif pembuatan yogurt sehat dan dapat dibuat sendiri dari bahan susu kedelai. Prosesnya amat mudah dengan penambahan starter yoghurt yang telah jadi. Para peserta aktif mengikuti pelatihan dan bertanya. Setelah penyampaian materi, pemateri dibantu dengan panitia dari peserta KKN mempraktekkan secara langsung proses pembuatan “yogurt dari susu kedelai” dan membagikan sampel yogurt yang sudah dibuat sebelumnya. Para peserta warga dan peserta KKN antusias berdiskusi sambil dapat menikmati hasilnya. Kegiatan diakhiri dengan pesan dari pelaksana untuk mengajak seluruh peserta agar membudayakan menjaga kesehatan tubuh dengan asupan minuman dari bahan yang sehat, bergizi, dan alami. Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pembuatan minuman sehat secara mudah bagi masyarakat.

Downloads

Published

2017-09-01

How to Cite

Wahyuningtyas, D. (2017). PEMANFAATAN SUSU KEDELAI MENJADI PRODUK MINUMAN SEHAT SOYGHURT BAGI WARGA DUSUN BLAWONG II, JETIS, KABUPATEN BANTUL. Jurnal Inovasi Proses, 2(2), 78–83. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/JIP/article/view/1347