PEMANFAATAN KARET RIKLIM SEBAGAI BAHAN PENGISI KOMPON SOL KARET CETAK

Authors

  • Kutut Aji Prayitno Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Sri Rahayu Gusmarwani Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

karet riklim, ban bekas, bahan pengisi, sol karet cetak

Abstract

Karet riklim merupakan karet daur ulang dari karet tervulkanisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh penggunaan karet riklim sebagai bahan pengisi kompon sol karet cetak. Pada penelitian ini ban bekas (motor dan mobil) dibuat menjadi karet riklim dengan mencacah menjadi partikel-partikel kecil. Karet riklim selanjutnya digunakan sebagai campuran bahan pengisi pembuatan kompon sol karet cetak dengan perbandingan carbon black dan karet riklim adalah 39:0 phr (kontrol), 26:13 phr (F1), 13:26 phr (F2), dan 0:39 phr (F3). Kompon karet selanjutnya divulkanisasi dengan variabel waktu 10(T1), 15(T2), dan 20(T3) menit.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa karet riklim ban bekas dapat digunakan sebagai bahan pengisi sol karet. Kenaikan jumlah karet riklim (phr) yang ditambahkan menjadikan nilai kekerasan yang menurun dan nilai ketahanan kikis yang meningkat dari sol karet cetak yang dihasilkan. Sedangkan penambahan waktu vulkanisasi menjadikan nilai kekerasan yang meningkat dan nilai ketahanan kikis yang menurun. Nilai kekerasan dan ketahanan kikis optimal adalah pada formula 1 (F1) dengan waktu vulkanisasi 20 menit (T3). Penambahan karet riklim ban bekas menurunkan suhu akhir dekomposisi, namun menaikan kadar abu produk jadinya.

Downloads

Published

2017-09-01

How to Cite

Prayitno, K. A., & Gusmarwani, S. R. (2017). PEMANFAATAN KARET RIKLIM SEBAGAI BAHAN PENGISI KOMPON SOL KARET CETAK. Jurnal Inovasi Proses, 2(2), 68–73. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/JIP/article/view/1345