Pengambilan Zat Tanin dari Daun Alpukat (Persea americana Mill.) melalui Proses Ekstraksi dengan Pelarut Etanol(Variabel Suhu Ekstraksi)

Authors

  • Lintang P. Hamboroputro Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Murni Yuniwati Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Daun alpukat, Tanin, Ekstraksi

Abstract

Indonesia sebagai negara agraris tentu memiliki beraneka ragam bahan alam dengan senyawa kimianya yang bermanfaat untuk perkembangan ilmu di bidang kimia organik bahan alam. Tanin merupakan salah satu senyawa kimia yang hanya dapat ditemukan dari bahan alam. Salah satu bahan alam tersebut adalah tanaman alpukat (Persea americana Mill.).Bersifat sebagai senyawa fenol, tanin secara kimia mempunyai aksi astringensia, antiseptik, dan pemberi warna. Sedangkan, secara biologis dapat berperan sebagai khelat logam.

Untuk memperoleh senyawa tanin dari tanaman alpukat, khususnya dari daun alpukat, dilakukan proses ekstraksi 10 gram daun alpukat yang sudah dikeringkan dan dihaluskan dengan pelarut etanol 96% sebanyak 200 mL dalam labu leher tiga, dengan kecepatan pengadukan 500 rpm, dan dengan menggunakan pemanas water bath. Suhu pemanasan yang digunakan divariasikan. Setiap selang waktu tertentu, hasil ekstraksi dianalisa untuk mengetahui kadarnya dengan metode Folin-Ciocalteu.

Pada penelitian ini diperoleh kadar tanin terekstrak terbesar pada suhu 65oC sebesar 4,515116279% dengan nilai koefisien transfer massa 0,0037427331/menit.

Downloads

Published

2017-03-01

How to Cite

Hamboroputro, L. P., & Yuniwati, M. (2017). Pengambilan Zat Tanin dari Daun Alpukat (Persea americana Mill.) melalui Proses Ekstraksi dengan Pelarut Etanol(Variabel Suhu Ekstraksi). Jurnal Inovasi Proses, 2(1), 18–24. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/JIP/article/view/1333

Issue

Section

Articles